Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMKN 4 Gelar Uji Kompetensi Kejuruan

Kota Bima, Bimakini.com.- Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri (SMKN) 4 Kota Bima,   Rabu (4/3/2015) mulai melaksanakan praktik Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Nasional. UKK  berlangsung hingga   5 Maret 2015. Ujian diikuti 61 Taruna  dari Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) sebanyak  31 Taruna dan Program Keahlian Agribisnis Produksi Sumberdaya Perairan (APSP) sebanyak 30 Taruni.

 

Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan  materi yang diujipraktikan  merencanakan trek  pelayaran, membuat dan  perawatan Alat Tangkap Ikan  Jaring Insang (Gillnet). Untuk Program Keahlian  Agribisnis Produksi Sumberdaya Perairan yang diujipraktikkan adalah materi Menyediakan Wadah dan Media, Menentukan Padat dan Jumlah penebaran, Menebar benih Ikan, Pengelolaan Kualitas air dan pakan serta Pengelolaan Hama dan Penyakit Ikan.

Penguji ada dua pihak, Penguji Internal dari SMKN 4 dan dari Dunia Usaha-Dunia Industri atau instansi yang revelan sebagai penguji eksternal.

 Kepala SMKN 4 Kota Bima, Drs Faturrahman, mengharapkan kepada Taruna-Taruni agar mampu mengerjakan dan menyelesaikan tahapan-tahapan ujian praktik sesuai  dengan standar kerja dan waktu yang ditetapkan. Hal yang paling penting  adalah siswa memiliki keterampilan dan   dapat diaplikasikan ketika mereka tamat atau bekerja  dunia kerja.

Apalagi, katanya, yang menjadi pengujinya adalah orang dari luar Sekolah yang diundang dari  Dunia Usaha-Dunia Industri  atau instansi yang relevan. “Ini merupakan salahsatu sarana bagi siswa dalam memromosikan keterampilan diri,” katanya dalam pernyataan pers dikutip Wakasek Humas dan Industri  SMKN 4 Kota Bima, Muhammad Syauki, ST.

Dikakatakannya, praktik pada APSP dalam pendederan ikan  sangat menarik, karena menghasilkan produk berupa bibit ikan. Tinggal bagaimana  mampu memasarkan dan memroduksi dengan jumlah yang lebih banyak agar memiliki   daya saing dan nilai jual. “Ini tantangan bagi kita ke depan,” ujarnya.

Kerjasama dan kemitraan  dengan instansi maupun Dunia Usaha–Dunia Industri  sangat penting dalam pengembangannya, sehingga akan menjadi solusi bagi para pembudidaya ikan di Kota Bima dan Kabupaten Bima umumnya. 

      Ketua Panitia Pelaksana UKK SMK Negeri 4 Kota Bima, Riyan Firmansyah, ST,  mengharapkan pada Taruna-taruni agar  teliti dan telaten dalam melaksanakan setiap tahapan ujian praktik, karena keberhasilan  bergantung pada kedisiplinan dan keseriusan siswa saat ini.

“Satu tahapan saja terlewati akan berpengaruh terhadap hasil kerja siswa, dan berakibat terhadap penilaian yang diberikan oleh penguji Eksternal maupun Internal,” ingatnya.

Disamping itu,  di berharap agar produk alat tangkap gillnet dan pembibitan ikan nila bisa dimanfaatkan untuk masyarakat nelayan  di Bima sebagai salahsatu bibit untuk dibudidayakan. Ke depan,  keberadaan SMKN  4  dapat menjadi mitra kerja dan pencetak tenaga muda  andal, terampil, dan siap pakai. “Apreasiasi kami buat Penguji dan Panitia ujian,” tuturnya.

Pelaksanaan UKK ditinjau   Sekretaris Dinas Dikpora  Kota Bima,  Drs M Yamin, MSi  bersama Pengawas Pembina SMKN 4 Kota Bima, Drs Usman Syam, Drs Kaharudin, Drs Nukman,  dan Drs Zubair. (BE.22)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh: Abdul Barry, S.Pd   DALAM pendidikan formal, ijazah dan ilmu adalah dua sisi yang saling berkaitan, bahkan seperti pasangan sejoli yang serasi dan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesua (PMII) Cabang Bima, Senin (28/3/2016) menggelar zikir dan tausiyah di masjid Al Anshor Penatoi. Tausiyah dengan tema...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.- Kota Bima akan menjadi tuan rumah Penyelenggaraan Tinju Amatir Yunior and Youth Danrem Wira Bhakti.  Kejuaraan ini akan dilangsungkan 10 hHingga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bima, menggelar diskusi refleksi akhir tahun, Sabtu (26/12/2015) di aula FKUB...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Komunitas Pramuka Peduli mengelar pemeriksaan gratis kesehatan  Minggu (11/10/2015)  di Desa Montabaru Kecamatan Lambu.  Sebelumnya, Komunitas Pramuka mengggelar kegiatan kemanusiaan pembagian air...