Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Legislatif Beri 31 Catatan LKPJ Bupati Bima

Bima, Bimakini.com.- Laporan hasil rumusan catatan-catatan strategis DPRD Kabupaten Bima terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bima akhir tahun anggaran 2014 dan akhir masa jabatan 2010-2015 disampaikan pihak legislatif. Ada  31 catatan penting yang dibuat dan  disampaikan melalui rapat paripurna, Senin (27/4/2015).

 

Bupati diwakili  Sekda Drs H Taufik HAK, MSi,  jajaran FKPD, dan  sejumlah pejabat SKPD. Laporan dibacakan Ramli Ahmad, SSos, duta PPP.

Laporan itu setelah menelaah seksama pokok-pokok laporan keterangan LKPJ Bupati Bima, kilas balik atas penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan sosial-kemasyarakatan  selama  tahun 2014.

      Poin pertama terkait  aparat birokrasi sebagai motor penggerak, sekaligus unsur penting dalam pelaksanaan roda pemerintahan  daerah. Mereka harus diisi oleh orang profesional dan memiliki kapasitas memadai dalam mengemban tugas dan tanggungjawab diberikan. Merekomendasikan kepada Kepala Daerah agar menempatkan pejabat melalui mutasi dan rotasi serta promosi wajib memerhatikan daftar urutan kepangkatan, disiplin ilmu, dan moralitas.

          Katanya,  dalam proses pengangkatan pegawai pemerintahan, harus memerhatikan kemampuan keuangan daerah. Saat ini  sekitar 70  persen penyerapan APBD habis  untuk belanja aparatur atau porsi belanja publik hanya 30 persen.

Untuk DPRD sendiri, meminta eksekutif  memberikan jaminan keamanan dan keselamatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, terutama terhadap pendemo. Percepatan pembangunan kantor Pemkab  Bima, dan rehabilitasi sejumlah kantor desa yang tidak layak.

          Dalam bidang ekonomi, pertanian dan investasi, eksekutif diminta  serius mengawas investasi yang bergerak  pada sector pertanian dan perkebunan sesuai HGU. Seperti  pada PT Sanggar Agro Lestari di Kecamatan Sanggar dan Tambora seluas 5.400 hektare. Pemerintah juga mendata secara riil luas lahan pertanian setiap tahun.

      Dalam bidang pariwisata, diminta menginventerisasi potensi-potensi wisata sebagai bahan dalam program pengembangan pariwisata ke depan. Selain itu, meningkatkan promosi wisata seperti mengikuti pameran dan kegiatan seminar bertaraf nasional.

     Dalam  bidang penataan keuangan dan aset, legislatif  merekomendasikan pendataan dan penginventarisasian aset  di wilayah Kota Bima maupun Kabupaten Bima. Membuat sertifikatnya dan  melibatkan legislatif  dalam pembahasan penyerahan aset.

Hal lainnya, penggunaan dana Tugas Pembantuan (TP) selama ini pemerintah tidak pernah melaporkan kepada legislatif. “Oleh karena itu agar dapat disampaikan laporan secara berkala sebagai wujud tugas pengawasan Dewan,” katanya.

     Untuk dunia pendidikan, agar memerhatikan pemberian tunjangan bagi guru terpencil. Dana tersebut harus diberikan pada yang berhak menerima, serta meningkatkan sarana dan prasanara pendukung lainnya.

       Pada akhir laporannya, diharapkan agar catatan-catatan strategis DPRD serius diperhatikan dan pada saatnya ditindaklanjuti untuk perbaikan dan koreksi penyelenggaraan pemerintah ke depan, sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 03 Tahun 2007. (Dedy Darmawan)

 

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

Tur ziarah ke Kota Thaif HARI ke delapan, di tanah suci, rombongan jamaah umroh kami mengikuti program tur ziarah ke kota Thaif. Berikut lanjutan...

CATATAN KHAS KMA

Ziarah Perpisahan RANGKAIAN ibadah di Madinah selama tiga hari berjalan lancar. Semua jamaah satu group yang berjumlah sekitar 25 orang ditambah seorang balita dalam...

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

Opini

Oleh : Munir Husen (Dosen Universitas Muhammadiyah Bima)   Harmonisasi hubungan kemitraan Eksekutif dan DPRD Kota Bima akhir-akhir ini kelihatannya kurang harmonis. Rapat paripurna...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...