Pendidikan

Persiapan UN SMP/MTs Diklaim Maksimal

Bima, Bimakini.com.- Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) setingkat SMP dan MTS awal bulan mei mendatang, diakui pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (dikpora) Kabupaten Bima seluruh persiapannya maksimal. Namun ada harapan agar siswa jangan menjadikan momok bahwa UN itu begitu ditakutkan.

 

Sekretaris Dikpora Kabupaten Bima, H Nasrullah S.Sos pada bimeks diruang kerjanya, selasa (28/4/2015) mengaku, kalau untuk persiapan sudah maksimal, selain beberapa agenda kegiatan yang telah sukses dilaksanakan dalam mendukung siswa menghadapi UN, juga kegiatan keagamaan masuk dalam agenda persiapan UN.

Dibeberapa kecamatan digelar zikir dan doa bersama seluruh jajaran pendidikan dan Bupati Bima guna memberikan dukungan moral pada siswa menghadapi UN, juga sosialisasi-sosialisasi langsung pada siswa disekolah terjadap pelaksanaan UN telah dilaksanakan secara maksimal, sehingga tidak ada lagi keraguan bahwa pelaksanaan UN aka nada kendala.

Apalagi mulai tahun ajaran ini, UN bukan lagi penentu kelulusan siswa, yang menjadi penentu kelulusan siswa adalah Ujian Sekolah (US). Walaupun sebenarnya hasil UN juga menjadi rujukan bagi sekolah lebi iatas untuk mengetahui sejauh mana intelegensi siswa yang akan masuk ditingkat selanjutnya. Hasil UN nanti diberikan seperti sertifikat namanya Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN), didalamnya tertuang nilai dari hasil UN itu sendiri.

Sementara itu juga disampaikan pada siswa agar jangan jadikan UN ini momok yang menakutkan, siswa dapat lebih focus dan tidak memikirkan lagi UN itu menakutkan, langkah jajaran pendidikan juga pada seluruh sekolah dan khususnya dalam proses pengamanan palaksanaan UN agar tidak terlalu monoton pengamanannya.

Pengamanan dari kepolisian diharapkan tidak memakai pakaian dinas yang membuat suasana pelaksanaan begitu menakutkan, bisa gunakan pakaian preman dalam tahapan pengamanan dan ini adalah langkah pemerintah memberikan kenyamanan pada siswa yang akan ikuti UN. Termasuk papan pengumuman diharapkan tenang juga ditiadakan.(*)

Reporter: Dedy Darmawan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top