Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

220 KK di Muku, Terima Bantuan Air Minum

Bima, Bimakini.com.- Sebanyak 220 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Muku Desa Sanolo Kecamatan Bolo, menerima bantuan Air Minum dalam Kemasan, Senin (14/9/2015) sore. Bantuan bertajuk “satu galon untuk 100 dahaga” itu, digagas oleh Pramuka Kabupaten Bima.

Kegiatan kemanusiaan Pramuka itu didukung oleh sejumlah pihak yang ikut memberi bantuan. Bergabung juga Bike To Work (B2W) Bima, yang mengayuh pedal dari Kota Bima ke dusun Muku.
Bantuan itu diserahkan kepada warga yang sebelumnya sudah didata kepala dusun setempat. Warga menyambut gembira ada bantuan itu.
Koordinator kegiatan “Satu Galon untuk 100 Dahaga”, Arief Rahman, mengatakan dampak kemarau saat ini menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bima mengalami krisis air bersih. Pihaknya mencoba menarik kepedulian sejumlah pihak, membantu keluarga yang mengalami kesulitas air bersih.
“Alhamdulillah, banyak pihak yang mau peduli dan menyumbang untuk pembelian air minum,” katanya.
Suhu panas yang bisa mencapai 34 derajat, berpotensi menyebabkan dehidrasi. Apalagi untuk anak-anak dan lanjut usia. “Mudah-mudahan bantuan ini sedikit bisa membantu kebutuhan minum,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dusun Muku, Abdul Hamid, berterimakasih atas bantuan tersebut. Sebagian warga terpaksa membeli air untuk kebutuhan sehari-hari.
Ada juga, kata dia, warga tetap memanfaatkan air yang payau. Apalagi pemukiman dekat dengan laut dan tambak-tambak. “Sudah ada pengeboran yang dilakukan di belakang kampung, tapi belum ada listriknya. Kami belum tau apakah airnya nanti tidak payau,” ujarnya. Kondisi air yang payau karena kemarau, kata Hamid, sudah lima bulan. Untuk kebutuhan mandi dan mencuci, warga memanfaatkannya. Namun, untuk masak dan minum menggunakan air yang dibeli dari Desa Daru. “Warga biasanya menitip lewat ojek, dengan harga tiga ribu satu jirgen,” tuturnya.
Anggota dan Pembina Pramuka dari Kecamatan Sape dan Lambu ikut juga hadir membagikan air minum dalam kemasan. Mereka sebelumnya ikut menggalang dana untuk kegiatan ini.
Pembina Pramuka Lambu, Yoyo Prasetyo mengatakan senang dapat membantu warga kesulitan air minum. Saat penggalangan dana pun, masyarakat antusias menyumbang. (PIAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Unit Pidum Sat Reskrim  Polres Bima menyerahkan bantuan sembako bagi keluarga korban kasus pembunuhan Robbu Sugara yang dilakukan tersangka Abdurahman  tahun 2018...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Keinginan warga Dusun Muku Desa Sanolo Kecamatan Bolo memekarkan diri dari desa induk, kian menggebu. Warga mulai membangun fondasi sebagai persiapan Kantor...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Woha Kabupaten Bima menyalurkan  bantuan berupa puluhan dus mis instan kepada korban banjir di Desa Nisa,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemilik bengkel Sakinah di  RT 05 Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, M Kautsar, menyorot bantuan alat perbengkelan di Dinas Perindustrian dan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Seorang netizen warga Dompu, membuat tulisan di group Mbolo. Judulnya; CINTA DOMPU UNTUK BIMA. Tulisan ini, dibuat oleh pemilik akun bernama...