Politik

Kinerja Panwascam Bolo Disorot

Bima, Bimakini.com.- Kinerja  Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) Bolo  menuai sorotan dari sejumlah Tim Sukses (Timses) Paslon. Sebagaimana diiungkapkan oleh Ketua  Timses Paslon Dinda-Dahlan  ( 4),  Muhtar AR.

 

Dikatakannya, adanya propaganda dalam dugaan aksi perusakan  baligo maupun spanduk masing-masing Paslon yang terjadi sebelumnya. Dia menduga hal itu karena Panwascam kurang becus. Jika pengawasan Panwascam ketat,  maka hal-hal yang demikian tidak akan terjadi terhadap baligo dan spanduk,” katanya. saat Rakor dengan pihak Polsek Bolo di Mapolsek setempat, Rabu (7/10/2015) malam.

 Menurutnya, untuk menciptakan situasi wilayah Kecamatan Bolo  lebih tertib dan aman selama pelaksanaan  kampanye, anggota Panwascam dan semua pihak penyelenggara Pemilu   agar lebih eksis menjalankan tugas. Jangan hanya sekadar pengawasan saja, akan tetapi harus tegas dan lugas menegakkan  fungsinya.

  Lain halnya  dikatakan Ketua Timses Paslon Khayir-Hamid  (1),  Ahmad Husni. Dia  meminta  seluruh empat Paslon agar saat  kampanye terbatas  putaran kedua  tidak melibatkan massa  dari  kecamatan lain. “Supaya tidak mengganggu arus lalulintas  selama kampanye,” tuturnya  dikutip Kapolsek Bolo, AKP Jamaluddin, saat dikonfirmasi Kamis (8/10).

Kata Kapolsek,  Ketua Timses Paslon KH  juga berharap agar seluruh Paslon supaya menjunjung tinggi dan menaati batas waktu pelaksanaan kampanye yang sudah ditentukan oleh KPU. Misalnya jika batas waktunya sampai pukul 17.00 WITA harus ditaati.

 Ketua Timses Paslon Ady-Zubair (Azaib,  2), Salman Farid,  memberikan masukan soal  teknik pelaksanaan selama kampanye. Supaya  tertib,  Panwas dan PPK membentuk Forum Koordinasi Antar- Paslon sebagai wadah untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi dari masing-masing Paslon maupun  simpatisan.

 Ketua Timses Paslon  Syukur (3), Candra Nan Arif, SPd,  berasumsi  seringnya  pelanggaran dalam pelaksanaan kampenye yang diduga dilakukan  empat Paslon bersama  simpatisan   dikarenakan ketidakmampuan Panwas dan PPK  berkoordinasi antartim dari empat Paslon. 

Dari berbagai sorotan itu, Ketua Panwascam Bolo, Adhar, S Pd, menyatakan  Panwas sudah bekerja semaksimal mungkin selama tahapan pelaksanaan Pemilukada ini. “Kita sudah kerja maksimal dalam   pengawasan,” bantahnya  dikutip Kapolsek.

Dikatakannya,  kerja Panwas bukan  menindak atau mengeksekusi setiap jenis pelanggaran yang terjadi.   Panwas memiliki tugas untuk pengawasan saja dan mendokumentasi bila mana terjadinya pelanggaran untuk direkomendasikan. (Ipul)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top