Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Dinas Perhubungan Lakukan Patroli Laut Diperairan Sanggar dan Tambora

Bima, Bimakini.com.- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima melakukan Patroli Laut di wilayah Perairan Sanggar dan Tambora, Rabu, (19/11/2015). Patroli laut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Dinas Perhubungan untuk memantau dan mengawasi aktifitas muat penumpang dan barang melalui tranportasi laut.

 

Dalam Patroli tersebut, Tim personil  bergerak dengan Speed Boat dari Pelabuhan Sanggar Kemudian menyisir kawasan perairan pengembangan Mutiara hingga Kawinda To’I Lalu bergerak hingga So Nae  dari pukul 10.00 wita hingga pukul 22.00 wita. Tim Patroli memantau  kondisi kapal nelayan yang sedang melempar jangkar, muat maupun menurunkan barang.

Disana, sejumlah kapal diperiksa oleh petugas. Pemeriksaan tersebut seperti kelengkapan dokumen, lalu Begitu juga dengan jumlah para Anak Buah Kapal (ABK). Namun tidak ada temuan dalam patroli tersebut.

Patroli Laut yang langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Bima Zunaidinn S.Sos.,M.M beranggotakan Kabid Perhubungan Laut, Ahmad, SE, Arief Rachman Kasubag Program dan Pelaporan dan beberapa anggota dari pihak Polairud dan UPT Dishub Sanggar.

Zunaidin  menyebutkan, dalam patroli yang dilakukan tim Patroli Laut Bidang Perhubungan Laut, mengecek kapal untuk pencegahan masuknya barang – barang terlarang seperti Narkotika dan  Mitan ke Bima lewat perairan. Baik kapal tongkang  maupun kayu, apalagi di Wilayah perairan Sanggar dan Tambora sangat luas  sehingga ptroli memang salah satu cara mengantisipasi peredaran tersebut.

Dikatakannya, dalam Patroli juga dilakukan pemeriksaan muatan karena adanya laporan masyarakat sering dilakukan pemuatan hewan  secara illegal  melalui jalur perairan. “Kapal yang dilakukan pemeriksaan yakni yang bersandar . Tim juga melakukan pemeriksaan mulai dari kelengkapan dokumen, dan barang yang diangkut oleh kapal kayu,” ujarnya.

Dilanjutkannya, dalam patroli pemeriksaan tersebut, Tim Patroli memang tidak mendapati temuan yang membahayakan. Namun demikian pihak Dinas Perhubungan melakukan pembinaan kepada para ABK, agar menjaga situasi kondusif di perairan Sanggar dan Tambora.
“ Walau tanpa temuan, kita rutin melakukan periksa kapal masuk. Dokumen dan sertifikat yang ada di kapal semuanya lengkap,” tukas Zunaidin. (pian)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Program bedah rumah di Desa Oi Bura Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima disoalkan oleh anggota kelompok penerima bantuan. Dana bersumber dari Dinas Sosial...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Hingga saat ini, kondisi jalan lintas Tambora  dimulai dari Desa Taloko Kecamatan Sanggar hingga jalan lintas Desa Labuan Kananga Kecamatan Tambora   rusak parah....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kemerdekaan Indonesia sudah berlangsung hingga 71 tahun. Rupanya hasil pembangunan belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. Seperti dialami masyarakat Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima....

Berita

Bima, Bimakini.- Gunung Tambora sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dunia. Letusannya tahun 1815 mampu memengaruhi iklim dunia saat itu. Belakangan banyak wisatawan...