Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Rakor Tanggap Bencana Kebakaran Bahas Upaya Bantu Korban

Bima, Bimakini.com.- Hari ketiga penanganan tanggap darurat kebakaran Bajo Pulo sejak ditetapkan Kamis (26/11/2015) lalu, pemerintah daerah, instansi terkait, dan para relawan menitikberatkan penanganan pada penyediaan air bersih dan kesehatan para korban. Hal itu merupakan hasil Rakor  di ruangan kerja Penjabat Bupati Bima, Sabtu (28/11/2015) lalu.

 

   Rakor dihadiri Dandim 1608 Bima Letkol (Arh)  Edi Nugraha, SSos, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs HM Taufik HAK, MSi, Asisten, dan Kepala SKPD berkaitan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

     Penanganan pasca bencana yang terjadi di Bajo Pulo  dilakukan secara terintegrasi oleh SKPD berkaitan, seperti BPBD dan sejumlah instansi lainnya termasuk TNI dan Polri. Untuk memastikan berfungsinya kegiatan tanggap darurat ini, Penjabat Bupati Bima, Drs  Bachrudin, M Pd, Sabtu (28/11/2015) memimpin Rakor.

        Dia kembali menegaskan segala upaya harus dikerahkan untuk membantu warga yang tengah mengalami musibah. Satu di antara prioritas yang dilakukan adalah penyaluran air bersih melalui jirigen karena lebih efektif. Tahap pertama telah dikirim 100 jirigen air minum dengan volume 20 liter. “Diusahakan lagi 100 jirigen sehingga dapat memenuhi kebutuhan air minum warga sehari-hari,” katanya.
          Nah, untuk mendukung langkah ini,  Sekretaris BPBD Kabupaten Bima, Indra, tim DPD BPBD juga telah menyiapkan tandon air untuk membantu distribusi air minum ini disediakan tangki berkapasitas 5.000 liter. Selain itu, disediakan juga peralatan masak, kompor minyak goreng, dan minyak tanah.
      Selain pemenuhan pangan dan sandang,  penanganan kesehatan juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima melalui  Tim Gerak Cepat KLB dan Bencana (TGC)  yang mengobati warga sejak  Kamis (26/11).
        Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dikes,  Siti Raodah, SST.Gz , menjelaskan karena  kondisi Puskesmas dan Poskesdes yang telah terbakar, sejak Kamis (26/11)  layanan pengobatan dilakukan dengan mengaktifkan petugas medis yang berasal dari kecamatan untuk melakukan pengobatan pada empat titik. 

Pada saat yang sama, katanya. Dikes menyiagakan armada ambulans di pelabuhan  Sape untuk mengantisipasi adanya korban yang dirujuk.
 Dia  menjelaskan, pengobatan massal di lokasi bencana, pada hari pertama  melibatkan 85 warga, kemudian dilanjutkan hari kedua 20 warga. Hari ketiga tim mengobati 17 warga, sehingga total warga yang mendapatkan layanan pengobatan sebanyak 122 orang.

Berkaitan dengan penanganan kesehatan warga ini, kata Raodah, Dikes  fokus pada peningkatan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) terhadap potensi risiko penyakit pasien pascabencana. Oleh karena itu, Tim GSC memantau secara berkala perkembangan penyakit di lokasi kebakaran. 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tim juga melakukan identifikasi, memantau sanitasi dan air bersih pada lokasi untuk mendukung upaya ini Dikes juga sudah mengirimkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga setempat,” jelasnya.

Pada sektor sanitasi, memfokuskan pada upaya penyiapan tempat Buang Air Besar (BAB) melalui pembuatan jamban darurat. Hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya Kejadian Luar Biasa  (KLB)  penyakit pascabencana.

Aspek lainnya yang menjadi perhatian Tim Kesehatan, kata Raodah, yakni “Trauma Healing” melalui rehabilitasi mental anak dan remaja.  Untuk ini, Selasa (1/12/2015)  akan membuka dapur umum dan petugas konseling untuk melakukan terapi kepada para korban agar tidak mengalami gangguan psikis.
Pembangunan kembali fasilitas kesehatan yang mengalami kebakaran juga menjadi perhatian. Berdasarkan hasil koordinasi Dikes Kabupaten Bima dengan Dikes Provinsi NTB, diperoleh komitmen bahwa pada tahun anggaran 2016, akan membangun Poskesdes menggunakan dana Satker tersebut senilai Rp300 juta. 

“Untuk peralatan medis, pada tahun anggaran 2016 akan diprioritaskan di dalam APBD Kabupaten Bima,”  terang Raodah. (BE32)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Bencana kebakaran yang menjadi ancaman warga Bima belakangan ini, terus diantisipasi Polsek Donggo, Polres Bima – NTB. Para personel yang bertugas di pelosok...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran yang terjadi di Ponpes Al Madinah, Desa Kananga, Kabupaten Bima, Ahad (28/8/2022) malam, sekitar pukul 19.40 Wita mengakibatkan kerugian cukup besar....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tiga rumah di Ponpes Al Madinah Kecamatan Bolo hangus dilahap si jago merah, Ahad (28/8/2022), sekitar pukul 19.40 Wita. Akibat kejadian tersebut...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran melanda pertokoan di Desa Tente, Kec. Woha, Kabupaten Bima pada hari Minggu (24/7) pukul 18.30 Wita. Sebanyak 15 gardu yang melistriki...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Tim Tanggap darurat PLN UP3 bima, UPK Tambora serta seluruh pegawai melaksanakan Kegiatan Simulasi Kebakaran di Gudang Distribusi Niu dengan menggandeng...