Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tembe Nggoli Mewarnai Launching Peringatan Hari Jadi Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.com.- Warna-warni tembe nggoli (sarung khas Bima) menghiasi momentum pengenalan perdana (launching) rangkaian peringatan Hari Jadi ke-14 Kota Bima, di halaman kantor Pemkot Bima, Senin (22/3/2016). Ribuan aparatur pegawai lingkup Pemkot, termasuk Wali Kota, Ketua DPRD dan anggota serta pejabat  FKPD, berbaur bersama mengenakan tembe nggoli.

 

Pegawai wanita mengenakan tembe nggoli   model rimpu (hijab ala Bima). Pegawai pria mengenakan   model katente tembe atau dikenakan melingkar seperti lazimnya memakai sarung.

Prosesi pengenalan perdana  itu didisaim kental bernuansa Bima itu. Sekda, Ir H Muhammad Rum, selaku Ketua Panitia Hari Jadi Kota Bima, mengaku hal itu sengaja dilakukan untuk membudayakan kembali kekhasan daerah dalam kegiatan formal.

Dikatakannya, pengenalan  itu  untuk menyosialisasikan rangkaian acara kepada masyarakat. Sama seperti tahun sebelumnya, menjelang puncak perayaan akan diwarnai kegiatan menarik. Seperti kegiatan  keagamaan, sosial, kesenian, dan olahraga. “Berbagai kegiatan lomba antar-SKPD akan dilaksanakan. Kegiatan lomba melibatkan masyarakat umum pun juga ada. Kita berharap kegiatan ini akan berjalan sukses dan lancar,” jelasnya.

Sejumlah kegiatan rangkaian Hari Jadi Kota, rincinya, mulai dari kegiatan pawai budaya, Haflah dan Doa Dana, Lomba Senam KORPRI, Lomba Drumband Pelajar, Pesta Kembang Api, Pameran Pembangunan, Panggung Hiburan Keenian, Lomba dayung dan Pemutaran Film Pembangunan Karakter Bangsa dan lain sebagainya.

 Saat itu, Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara semakin meningkatkan kinerja dan berpartisipasi aktif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dan  pelayanan prima kepada masyarakat.

Disampaikannya pula upacara Hari Jadi ke-14 Kota nanti akan pimpin   oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan),  Yuddy Chrisnandi.

“Rangkaian kegiatan HUT Kota Bima ini, tidak hanya saja menjadi seremonial masyarakat, tetapi  momentum untuk merefleksikan diri. Selain itu,  momentum terus berkarya membangun Kota Bima tercinta,” ujarnya.

     Pantauan Bimakini.com,  saat ditandai   penekanan tombol sirine dan pelepasan balon ke udara. Wali Kota saat penekanan tombol didampingi Ketua DPRD Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina, FKPD, pimpinan DPRD Kota Bima  dan Sekda. (BE28)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...

Berita

SEMUA yang bernyawa pasti akan mati sebagaimana firman Allah: “Dan sekali kali tidak akan menangguhkan kematian seseorang apabila telah datang waktu kematiannya, dan Allah...