Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

TNI, Banser dan KNPI Bersih-bersih di Kolo

Foto: Anggota Koramil Model sedang membersihkan lingkungan Kolo, Senin (7/3) bersama masyarakat, TNI dan KNPI Kota Bima.

Kota Bima, Bimkini.com.- Sekitar 50 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti pelatihan koramil model.  Sebelumnya mereka mengikuti materi ruangan atau teori, kemarin mereka mendapat kesempatan memeraktikkannya dilapangan. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan bersih lingkungan.

 

Kegiatan membersihkan lingkungan di Kelurahan Kolo juga melibatkan masyarakat setempat, Banser NU dan Pengurus DPD KNPI Kota Bima. Masyarakat setempat masih memiliki kebiasaan membuang sampah dipinggir pantai dan laut.

Sampah yang sudah menumpuk itu, lalu dikumpulkan dan dibakar. Pembuangan sampah dipinggir laut itu tidak hanya satu titik, namun beberapa tempat. Membuang sampah di laut itu sudah lama dan mencemari lingkungan.

“Kami sudah larang untuk buang sampah, tapi sebagian masyarakat malah ngotot membuangnya,” kata seorang warga.

Danramil 1608-07 Mmonta,  Mayor Infrantri Dahlan mengatakan mereka mengikuti pelatihan selama tujuh hari. Selain mendapatkan teori, juga praktik di lapangan. Kelurahan Kolo dipilih sebagai salah satu lokasi, agar dapat memahami bagaimana tugas dengan baik.

Mereka diharapkan dapat memberikan wawasan kebangsaan kepasa masyarakat, agar tumbuh rasa nasionalisme. Penanaman nilai itu harus dilakukan terus, selain sebagai salah satu upaya membangun pertahanan nasional.

“Ini adalah pemberdayaan binter karya bakti, fisik dan non fisik, fisiknya seperti membersihkan lingkungan. Orsos materi tentang kesadaran hukum, kebangsaan, cinta tanah air, pembinaan generasi muda. Jika perang, kelompok muda inilah yang bisa ikut terlibat dalam perang,” terang Dahlan.

Selesai bersih lingkungan, mereka selanjutnya menuju kantor Lurah Kolo. Tujuannya memelajari bagaimana struktur ditingkat kelurahan, juga bagaimana membuat pemetaan wilayah. (BE.25)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Jalan-jalan

Kota Bima, Bimakini.-  Untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi generasi muda di sektor pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Bima melalui FK Pokdarwis Kota Bima, Dinas...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, melepas Satuan Tugas Zeni TNI Rehab dan Rekon Wilayah NTB, di Pelabuhan Lembar, Senin (30/12/2019). Diawali pemeriksaan...

Peristiwa

Lombok Barat, Bimakini.- Untuk memperkuat kelembagaan organisasi pemuda di NTB, DPD KNPI NTB mendorong pemuda menjadi agen perubahan yang sejati dalam berbagai bidang. Jadi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah penerjun payung Marinir TNI Angkatan Laut (AL) mendarat darurat di sejumlah lokasi di Kota Bima. Merkea  dihempas anging kencang, Senin...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman, SE, mengapresiasi jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang selama ini banyak memberikan dukungan terhadap...