Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Polisi Tidur, Tahanan Kabur

Bima, Bimakini.com.- Tahanan Polres Bima dalam kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor),  Syukrin (29), warga Desa Talabiu Kecamatan Woha, kabur dari sel  Polres Bima. Peristiwa itu terjadi Senin (9/5/2016) sekitar pukul 03.37 WITA. Pemuda itu  membuka gembok pintu saat  Polisi yang berjaga ketiduran di depan pintu.  Petugas yang berjaga baru  muncul ke lokasi pukul 03.38 WITA.

 

Bahkan,  sebelum keluar,  sempat mengambil tas dan   pakaian lalu menelepon seseorang. Entah menghubungi siapa. Kaburnya  tahanan Polres Bima   bukan kali ini saja terjadi. Tahun 2012 lalu pernah muncul, saat itu tahanan  merusak plafon kamar sel lalu kabur.

Waka Polres Bima  Kompol Aris Harsono, SIK, di Mapolres Rabu (11/5), membeberkan Syukrin  merusak dan menjebol gembok ruang tahanan, saat itu petugas tahanan sedang melaksanakan kontrol lokasi sekitar tahanan dan satu orang tertidur karena kecapaian menjaga.

Saat ini aparat Polres Bima sudah membentuk tim dan dibantu anggota Polsek di wilayah hukum Polres Bima untuk mencari dan mem-back-up keberadaan tersangka pencurian sepeda motor yang berhasil melarikan dari tahanan tersebut.”Kami sedang melakukan upaya pengejara terhadap pelaku. Kami berharap kerja sama masyarakat agar memberikan informasi keberadaan pelaku,”  harapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

     Hingga Rabu, Mapolres Bima masih menyelidiki  benda yang digunakan  tahanan Syukrin (29) saat  menjebol pintu masuk ruang tahanan sehingga kabur. Pria asal Sulawesi Utara ini mengaku, sampai saat ini   masih menyelidiki benda apa digunakan pelaku untuk menjebol gembok ruang tahanan.

Apakah ada oknum Polisi yang terlibat dalam peristiwa itu? Waka Polres menepis keterlibatan anggotanya.  “Tidak ada keterlibatan anggota Polisi, bagi siapa saja berasumsi seperti itu, silakan datang sendiri untuk melihat CCTV. Saat ini kami sedang lidik benda apa sehingga bisa menjebol gembok tahanan,”  katanya.

Dia  heran benda apa yang digunakan Syukrin, karena setiap pengunjung  selalu diperiksa, sehingga sulit dipastikan apa yang digunakan oleh pelaku. Namun, dipastikannya akan terus mengungkap benda itu. Sebelum membuka gembok, lebih awal Syukrin mengancam tahanan lain agar tidak berteriak.

Usai melancarkan aksinya, Syukri  membawa lari gembok ruang tahanan yang berhasil dibukanya. Besar kemungkinan Syukrin   menggunakan cairan. “Bisa dipastikan Choki (Syukrin) menggunakan cairan seperti yang diinformasikan sebelum ditahan, Choki memuluskan aksinya dengan cairan dimilikinya untuk melakukan Curanmor dalam hitungan detik motor raib,” ungkapnya.

Waka Polres  mengatakan tahanan yang yang diancam untuk membantu melihat petugas, merupakan tahanan kasus lain dan bukan komplotan Choki. Mereka saling mengenal dalam ruang tahanan Polres Bima.

Untuk membatasi  ruang gerak Syukrin, Mapolres sudah membentuk tiga tim untuk mengejarnya. “Kita sudah perintahkan setiap Mapolsek untuk mem-back-up  supaya pelaku supaya cepat ditangkap,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia juga mengakui, ada unsur kelalaian petugas sehingga  Choki memanfaatkan situasi itu. Dia  berharap kepada  masyarakat, kalau ada informasi keberadaan   Sukrin  segera melaporkannya. Dia  optimis dalam waktu dekat akan menangkapnya, namun  harus  dibantu oleh masyarakat. (BE34)

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Beberapa hari ini beredar di Media Sosial (Medsos) Facebook bahwa Kapolsek Bolo, AKP. Hanafi Jr menerima uang untuk penyelesaian kasus, informasi tersebut...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dunia maya belakangan ini, tengah dihebohkan dengan beredarnya foto seorang tersangka kasus Narkoba, yang tengah merayakan Hari Ulang Tahun di dalam ruang...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Enam orang diduga pestas sabu ditangkap, Rabu (16/11/2016) pukul 16.50 Wita di kosa-kosan pertama Rt 09 RW 03 Kelurahan Lewirato Kecamatan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimaini.-  Kasus dugaan penggelapan motor diduga melibatkan AM (29) warga Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima. Pria itu dilaporkan ke Kepolisian oleh...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Jajaran Polres Bima Kota berhasil mengamankan kendaraan yang mengangkut pupuk bersubsidi, Senin (26/9) di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. Pupuk itu...