Pendidikan

Ini Upaya SMAN 1 Belo Tekan Tawuran Antarsiswa

Muhammad Taslim, MPd

Bima, Bimakini.com.- Penerimaan siswa baru serentak dilakukan setiap  SMA/SMK/MA di Kabupaten Bima, Senin. Setiap sekolah menyediakan program prioritas untuk menghindari  tawuran antarsiswa.  Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Belo misalnya. Tujuannya untuk mengurangi tingginya angka tawuran antarsiswa yang kerap terjadi di sekolah.

 

Seperti apa program prioritas SMAN 1 Belo itu?  Kepala SMAN 1 Belo, Muhammad Taslim, MPd, menjelaskan satu di antara item program prioritas adalah mengundang orang tua siswa baru untuk membicarakan bentuk penanganan peserta didik. Walaupun sudah digelar  pertemuan bersama Muspika Belo dan Pemerintah Desa, namun hasilnya belum disepakati. “Keinginan ini akan dilanjutkan  pertemuan dengan wali murid,” ujar  Taslim di sekolah setempat,  Senin (13/6/2016).

Dijelaskannya, pertemuan ini untuk menyepakati  tatatertib (Tatib) sekolah, selain itu juga orang tua maupun calon siswa baru akan menandatangani surat pernyataan. “Tatib ini adalah upaya bagaimana mengurangi tingginya angka tawuran siswa di SMAN 1 Belo ini, jadi harus dibuatkan aturan lebih awal supaya bisa mengurangi hal seperti itu,” jelasnya.

Menurut Taslim, kedua orang tua wajib  peduli memdanpingi anak, aktivitas anak di rumah minimal harus ditingkatkan fungsi kontrolnya. “Langkah seperti ini adalah upaya meminimalisasi terjadinya tawuran di sekolah yang kita coba tahun ajaran baru ini, sekolah membutuhkan betul orang tua saat penerimaan siswa baru itu. Efektif atau tidaknya kita lihat aja nanti,” katanya.

Menurutnya, Tatib diterapkan SMAN 1 Belo merupakan payung  dan harus didukung oleh semua pihak agar bisa mewujudkan pendidikan di Belo yang lebih baik. “Tatib ini harus didukung Muspika maupun Pemerintah Desa, terutama masyarakat Belo,” harapnya.

Ke depan, Taslim mengharapkan sistem pendidikan di Belo khususnya tingkat Kabupaten Bima,  jauh lebih baik dan disiplin. Peserta didik harus memahami kehadiran di lingkungan sekolah untuk meraih prestasi, disamping itu harus menghilangkan kebiasaan buruk sebelumnya.

“Siswa harus lebih baik dari sebelumnya kalau memasuki dunia pendidikan,” ingatnya. (BE34)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top