Pendidikan

Peserta Cerdas-Cerdas Ponpes Darul Furqan Bersaing Ketat

Kota Bima, Bimakini.com.- Sebanyak 10 regu Cerdas-Cermat Antar-Santri tingkat SMP dan SMA Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Furqan Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, Rabu (15/6/2016), bersaing ketat untuk mendapatkan tempat di babak semifinal dan final. Setiap regu mendapatkan dukungan dari setiap kelas yang telah lolos babak penyisihan.

Kegiatan yang berlangsung 11-18 Juni telah melombakan berbagai cabang. Yakni lomba adzan, puitisasi, shalawat, tahfis ayat-ayat pendek, lomba hafal doa, cerdas-cermat, dan lainnya.

Ketua panitia lomba, mengatakan, setiap tahun Ponpes Darul Furqan Kelurahan Dodu, senantiasa melanggengkan berbagai kegiatan lomba. Namun, tahun ini meski diliburkan, tetapi tidak menyurutkan gairah santri mengikut berbagai cabang lomba. Buktinya, lomba cerdas- cermat diatensi oleh santri. Bahkan, soal yang tidak mampu dijawab oleh regu cerdas-cermat dilemparkan kepada penonton.

“Jarang soal yang dilemparkan kepada penonton dapat dijawab. Kadang soal yang ringan tidak bisa dijawab peserta, tetapi dilahap oleh penonton, sehingga suasana menjadi ramai,” ujarnya di Masjid Ponpes Darul Furqan Dodu, Rabu.

Dia menjelaskan, hasil perlombaan cerdas- cermat akan menentukan beberapa regu yang akan lolos babak final dari tingkat SMP maupun tingkat SMA. Namun, untuk cabang tahfiz, tilawah, shalawat, puitisasi dan lainnya masih terus melanjutkan perlombaan. “Kita berharap seluruh kegiatan lomba akan rampung dan dilanjutkan pembagian hadiah dan berbuka puasa bersama,” katanya.

Hal senada dikemukakan Pimpinan Ponpes Darul Furqan Dodu, Drs H Musaddad HA Karim, SH. Tradisi bersaing dalam berbagai lomba yang digelar menggairahkan santri untuk menjadi yang terbaik. Masing-masing kelas menyemangati setiap peserta yang tampil untuk menjadikan kelas mereka yang terbaik dan bias meraih prestasi. Maka tidak heran duta mereka merupakan yang terbaik di kelasnya masing-masing.

“Meski dalam suasana lapar dan dahaga, anak-anak tetap terlihat semangat. Karena itu, kegiatan lomba dijadwalkan mulai pukul 08.00 WITA hingga menjelang shalat Dzuhur,” katanya di Ponpes setempat, Rabu. (BE23)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top