Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Lima Kekuatan ini Atasi Persoalan Umat!

dokakbarmusa

dokakbarmusa

Bima, Bimakini.-  Untuk membangun umat Islam, paling tidak ada  lima kekuatan yang harus dibangun untuk bisa mengatasi persoalan umat. Hal itu dikatakan Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Bima, H Abdurahim Haris, MA, saat menjadi khatib shalat Idul Adha tingkat Kabupaten Bima di lapangan Putih Sangia Kecamatan Sape, Senin pagi.

Kekuatan apa sajakah itu? Pertama, adalah kekuatan aqidah, yaitu melepaskan diri dari sesuatu selain Allah.
Kekuatan kedua yang perlu dibangun adalah kekuatan ilmu. Artinya, umat Islam harus menguasai ilmu pengetahuan, bukan hanya untuk mencari gelar kesarjanaan. Generasi Ibrahim adalah generasi yang cinta ilmu. “Oleh karena itu, menuntut ilmu merupakan satu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap Muslim,” ujarnya dalam khutbah Idul Adha.
Kekuatan ketiga yang harus dibangun adalah kekuatan ekonomi, selalu berusaha untuk mencari rezeki halal, bukan menghalalkan segala cara. Kekuatan lainnya yang perlu dibangun adalah ukhuwah, agar umat Islam tidak menjadi buih. Kekuatan kelima yang dibangun adalah solidaritas sosial. “Qurban mengajarkan pentingnya solidaritas sosial,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Bima Senin lalu (12/09)  memusatkan shalat Idul Adha di lapangan Putih Desa  Sangia Kecamatan Sape.  Ribuan umat Islam hadir. Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri dan jajarannya hadir.

Tema Idul Adha tahun ini adalah meningkatkan kepekaan sosial dalam mewujudkan kebersamaan dan kepedulian membangun Bima yang RAMAH.

Dalam amanatnya, Bupati mengatakan,  ibadah qurban memiliki arti penting dan tema  Idul Qurban tahun ini  dilandasi keinginan untuk menumbuhkan pemahaman kesadaran  bahwa sesungguhnya Idul Qurban adalah wujud kepekaan dan penghambaan sebagaimana Nabi Ibrahim Alaihisallam dengan penuh keyakinan dan keikhlasan melaksanakan perintah yang sulit untuk diterima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Berqurban adalah semangat berbagi dan kepedulian antarsesama anak bangsa dan masyarakat, baik saat bencana maupun dalam keadaan normal,” katanya.
Dikatakannya, semangat berqurban seperti inilah yang harus terus digali, dikembangkan, dan diimplementasikan  dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada gilirannya makin mengukuhkan persatuan dan kesatuan  dalam membangun pemerintah dan masyarakat yang RAMAH.
Bupati mengajak seluruh masyarakat terus memiliki keyakinan bahwa tugas pemerintahan, pembangunan dan sosial kemayarakatan membutuhkan kebersamaan dan kepedulian  semua pihak. Sebab mustahil agenda pemerintahan dan pembangunan tercapai bila tidak didukung oleh seluruh komponen masyarakat.
Demikian halnya bagi para aparatur penyelenggara negara,  harus pandai menjaga amanat melalui tindakan dan perilaku yang mencerminkan  kejujuran dan sikap tawaddu. Sikap tersebut merupakan modal penting dalam menumbuhkan, meningkatkan dan memelihara kepercayaan masyarakat  di pundak ASN. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota melakukan tes urine mendadak bagi seluruh personilnya. Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen Polres Bima Kota untuk...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pimpinan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara menunjukkan komitmennya mendukung Kontingen PON XXI NTB yang akan berlaga di Aceh – Sumatera Utara, bulan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini : Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPPNL) Bima menggelar acara Anugerah Reksa Bandha tahun 2023. Ada sejumlah kategori yang diberikan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPPNL) Bima menggelar acara Anugerah Reksa Bandha tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di aula Satonda...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pemilihan Wali Kota Bima tahun 2024  mengusung tema “Pilkada Matupa”. Harapannya akan terwujud Pilkada 2024 demokratis dan sesuai dengan prinsip pemilihan....