Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Musim Panas, Waspadai Kebakaran!

ilustrasi bimakini.com

ilustrasi bimakini.com

Bima, Bimakini.- Kondisi musim kemarau (panas) belakangan ini  terasa pada aktivitas masyarakat. Selain berdampak pada kehidupan manusia, juga  berpotensi terjadi kebakaran  pada permukiman maupun  pegunungan.

Kepala Desa (Kades) Pandai Kecamatan Woha, H Puasa, mengimbau  warga agar selalu waspada bahaya kebakaran. Ancaman kebakaran sangat mudah terjadi saat musim panas seperti ini. Oleh karena itu agar berhati-hati terhadap ancaman kebakaran yang bisa terjadi kapan saja  dan di mana saja.

Diingatkannya, cuaca yang  tidak menentu kadang  hujan,  kadang kala panas terik. Itu  merupakan ancaman yang tidak boleh dianggap remeh oleh masyarakat. Perlu ditanamkan kewaspadaan dini supaya musibah itu bisa dihindari.

“Saya sudah sampaikan kepada tokoh masyarakat saat rapat terakhir kemarin, juga saat acara Mbolo Weki sering mengimbau warga supaya waspada  bahaya kebakaran, baik kebakaran hutan, lahan maupun permukiman,”  ujarnya Senin (26/09/2016) di Woha.

Kades mengingatkan, meski belakangan ini  Pandai jauh dari musibah kebakaran, namun  tetap  dijadikan pelajaran  berharga. Musibah kebakaran akan menimbulkan kerugian harta dan  mengorbankan jiwa manusia karena  kelalaian.

“Kalau mau meninggalkan rumah, pastikan  dahulu kompor  sudah dimatikan. Begitu juga kabel instalasi listrik, jauhkan dari benda yang mudah menimbulkan kebakaran,” ingatnya.

Menurutnya, selain sisa api   dapur,  kabel listrik yang sudah tidak layak  besar pengaruhnya terhadap munculnya kebakaran, karena akan menimbulkan korsleting.

“Kita harus mengganti instalasi listrik kalau umurnya sudah lama, paling tidak kepedulian kita harus ditingkatkan, supaya arus listrik di rumah kita tidak bermasalah,” demikian Kades.  (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Bencana kebakaran yang menjadi ancaman warga Bima belakangan ini, terus diantisipasi Polsek Donggo, Polres Bima – NTB. Para personel yang bertugas di pelosok...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran yang terjadi di Ponpes Al Madinah, Desa Kananga, Kabupaten Bima, Ahad (28/8/2022) malam, sekitar pukul 19.40 Wita mengakibatkan kerugian cukup besar....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tiga rumah di Ponpes Al Madinah Kecamatan Bolo hangus dilahap si jago merah, Ahad (28/8/2022), sekitar pukul 19.40 Wita. Akibat kejadian tersebut...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran melanda pertokoan di Desa Tente, Kec. Woha, Kabupaten Bima pada hari Minggu (24/7) pukul 18.30 Wita. Sebanyak 15 gardu yang melistriki...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Tim Tanggap darurat PLN UP3 bima, UPK Tambora serta seluruh pegawai melaksanakan Kegiatan Simulasi Kebakaran di Gudang Distribusi Niu dengan menggandeng...