Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pengelolaan Arsip itu Penting!

arsipKota Bima, Bimakini.- Pengelolaan arsip dilingkungan instutusi pemerintahan snagatlah penting. Pentingnya kearispan ini sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Kebijakan Pengembangan Jabatan Fungsional Arsipari.

Untuk memberi pemahaman pentingnya pengelolaan arsip tersebut, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, menggelar sosialisasi UU Nomor 43 Tahun 2009. Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Kota Bima, Ir. Muhamad Rum berlangsung di aula Pemkot Bima, Selasa (13/9/2016).

Kepala Kantor Arpus Kota Bima Dra. Hj. Sri Ratnawati mengatakan, sosialisasi diikuti 50 peserta dari unsur pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota dan Kabupaten Bima. Kegiatan sosialisasi pengelolaan tentang kearsipan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada sumberdaya manusia (SDM) pengelola kearsipan, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Bima tentang arti pentingnya pengelolaan arsip.

Selain itu, kata Ratnawati, pengelolaan arsip merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan pemerintah dengan sebaik-baiknya. Agar arsip dapat menjadi memori kolektif daerah yang dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang. “Dan menjadi bukti kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.
Pengelolaan arsip yang utuh, kata dia, dapat menunjang manajemen ke arah yang lebih baik. Misalnya dalam hal penyelenggaraan daerah, dengan pengarsipan bukti-bukti keberadaan atau bukti kepemilikan aset Pemerintah, serta bukti transaksi yang terdokumentasi dengan baik, maka segala aktivitas Pemerintah dapat dipertanggungjawabkan pelaksanaannya.

Sekretaris Daerah Kota Bima, Ir. Muhammad Rum mengingatkan bahwa sebagai aparatur pemerintah, jangan memandang sebelah mata pada sektor arsip ini. “Sosialisasi ini patut diberi apresiasi yang tinggi, karena merupakan bagian dari upaya penyelenggaraan kearsipan yang berkualitas dalam rangka tertib administrasi, guna menjamin keselamatan bahan pertanggungjawaban perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan dan kegiatan pembangunan”, katanya.

Peserta sosialisasi pun diharapkan mampu menjadi pelopor dalam menciptakan opini publik tentang pentingnya arsip dalam proses manajemen pemerintah dan pembangunan, sekurang-kurangnya di lingkungan kerja.

“Dari kegiatan sosialisasi ini, diharapkan kelak dapat terwujud sistem kearsipan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan publik”, harap Sekda.

Bertindak selaku narasumber adalah Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Muhammad Sumitro, SH, M.AP. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tim dari Perpustakaan Nasional dan Arsip Republik Indonesia (ANRI) bertemu Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Nor, MPd, Selasa (9/5/2017). Kedatangan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Penataan dan Pengendalian Arsip SKPD dan Kecamatan, Kamis (6/4), di aula kantor Pemkab  Bima memasuki hari kedua. Materinya...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Arsip atau dokumen penting yang terendam banjir dan lumpur? Jangan dijemur di terik matahari. Itu justru membuat dokumen penting dan arsip...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Perpustakaan dan Arsih Daerah Kota Bima, akan membuka Posko Penanganan Arsip. Pembukaan posko khusus ini karena melihat banyaknya instansi yang...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Jelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK), rupanya instansi di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menginstruksikan agar mengamankan semua arisip penting. Bahkan pengamanan...