Pemerintahan

SKPD di Dompu Membengkak

skpdDompu, Bimakini.- Jika nomenklatur kelembagaan perangkat daerah sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 diberlakukan, maka kelembagaan bukannya berkurang. Namun, justru membengkak.

Berdasarkan data yang diperoleh Bimakini di Bagian Hukum Setda  Dompu, sekarang ada 23 Dinas,  6 lembaga teknis, 1 Badan Layanan, dan Satu  Unsur Pelayanan, 1 Unsur Pengawas, dan 1 nsur Staf.

Beberapa dinas yang baru terbentuk, yakni Dinas Pemberdayaan dan Pemerintah Desa, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pangan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Selain itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi, Dinas Perumahan, Permukiman, dan Penataan Ruang dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Pada Lembaga Teknis ada  Badan Perencanaan dan Litbang, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, serta   Badan Penanggulan Bencana Daerah Badan Pendapat Daerah.

Untuk Lembaga Pelayanan,. yakni Sekretariat Dewan,  Lembaga Pengawas Inspektorat, dan unsur Staf Sekretariat Daerah.    Badan Layanan yakni RSUD Dompu.

Beberapa komponen masyarakat Dompu menyesalkan penambahan dinas itu, karena   akan menambah anggaran yang dibutuhkan. “Katanya efesiansi, tapi  penambahan lembaga dinas ini akan banyak anggaran yang tersedot,” sorot mantan anggota DPRD Dompu, Wawan Anggrana, SE, MSi,  Rabu (28/09/2016).

Dia menambahkan pada  tingkat Pusat sekitar  sembilan badan yang dikurangi. (BE24)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 1
    Share
To Top