Olahraga & Kesehatan

2017, PKM Asakota Diubah jadi Rumah Sakit

H Azhari

H Azhari

Bima, Bimakini.- Untuk menunjang kebutuhan pelayanan kesehatan maksimal bagi masyarakat Kota Bima, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) terus menggenjot pembangunan Pusat Pelayanan Kesehatan (PKM) Asakota. Satu di antaranya rencana merealisasikan PKM itu menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Hal itu pun disampaikan Wakil Wali (Wawali) Kota Bima saat pembukaan Muscab PPP akhir pekan lalu. Di depan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Dra Erma Lena, Wawali meminta dukungan dana dan dukungan moril.

Bahkan, beberapa saat usai acara, Wawali bersama Erma Lena meninjau keberadaan PKM Asakota untuk melihat proses pembangunan.

Kepala Dikes Kota Bima, Drs H Azhari, MSi, kepada Bimeks mengatakan Erma Lena memuji kemajuan cara berpikir Pemkot Bima dan disampaikan juga upaya Pemkot membangun PKM untuk mendukung perubahan status menjadi RS. “Beliau juga bangga akreditasi yang sudah didapat oleh PKM Asakota,” katanya.

Diakuinya, rencana bantuan anggaran memang ada dan sudah mengusulkan proposal. Lalu sudah dikirim ke Pemerintah Pusat untuk membantu kelanjutan pembangunan ke depan. Namun, bila dihitung secara fisik, sebenarnya pembangunan PKM Asakota tahun 2016 ini rampung 85 persen. Tinggal penyempurnan, seperti ruangan Rontgen, ruangan pendukung lainnya sudah dilengkapi.

Untuk itu, kata mantan Kepala Dinas Tata-Kota itu, tahun 2017 nanti akan menjalani dulu apa adanya menjadi RS. Tujuannya untuk menarik Pemerintah Pusat agar membantu pengembangan RS, karena tidak ada bantuan untuk PKM.

Mengenai keberadaan Dokter, diakui Azhari, sudah ada satu Dokter Spesialis Gigi. Kalaupun kurang akan menyewa dokter sesuai aturan. Termasuk penyediaan sarana dan prasarana penunjang untuk para dokter agar betah di Kota Bima. (BE32)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top