Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Bupati: Bangun Masjid, jangan hanya Andalkan Bantuan Pemerintah

DOKHUMAS: Bupati saat peletakan batu pertama pembangunan menara masjid Ncera.

DOKHUMAS: Bupati saat peletakan batu pertama pembangunan menara masjid Ncera.

Bima, Bimakini.- Dalam membangun sarana ibadah, masyarakat tidak hanya bisa mengandalkan bantuan dari pemerintah saja. Hal  yang terpenting adalah kebulatan tekad, permufakatan, dan kebersamaan dalam membangun masjid.

Hal itu disampaikan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, saat peletakan batu pertama pembangunan menara Masjid Jami Al-Ikhlas Desa Ncera Kecamatan Belo, Ahad (16/10).

Menara itu setinggi 26 meter. Saat itu Bupati didampingi Asisten I Setda dan Kepala BKD, dan Kabag Administrasi Kesra Setda,  H Abdul Muis.

Dikatakannya, kekompakan merupakan modal penting bagi masyarakat, khususnya kaum Muslimin Desa Ncera dalam membangun masjid. “Inilah yang modal penting agar rumah ibadah ini dapat selesai sesuai rencana dan dapat segera dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan, masjid merupakan aset bersama yang harus menjadi kebanggaan masyarakat untuk dijaga keindahan dan keasriannya. Kepada masyarakat yang mayoritas petani, Bupati berharap agar tidak lupa menyisihkan rezeki dari hasil pertanian maupun zakat maal lainnya. “Mudah- mudahan akan manfaat bagi kegiatan syiar Islam di Desa Ncera dan juga secara umum di Kecamatan Belo,” katanya.

Bupati mengimbau  masyarakat  Ncera selalu menjaga kebersamaan agar pembangunan di desa mendapatkan dukungan semua elemen masyarakat.

Ketua panitia pembangunan, H Ismail, mengatakan masyarakat   Ncera sangat antusias membangun masjid dan  terbukti dalam tiga tahun terakhir semangat tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan gotong-royong.  Tahun 2013 sampai 2014, masyarakat setempat mengerjakan  plafon masjid  menggunakan lebih dari satu 180 pohon jati secara swadaya atau senilai Rp180 juta.

Ismail melanjutkan, tahun 2015 masyarakat  Ncera  selesai membangun kubah masjid senilai  Rp120 juta. Semangat itu pula yang ditunjukkan  tahun 2016 ini melalui  pembuatan emperan masjid  senilai Rp35 juta dan pembangunan menara dengan dana lebih dari Rp700 juta.

Ismail berharap ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bima agar bangunan menara tersebut sesuai waktu yang telah direncanakan.

Saat itu, Bupati menyerahkan bantuan pribadi senilai Rp10 juta. Bantuan dari Pemkab Bima akan mengacu pada proposal dari panitia pembangunan. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait