Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Cetak Sawah Baru di So Mboda Rato Diklaim Bersumber dari Dana Aspirasi Dewan

Ini adalah lahan di Sp Mboda Rato Desa Rato Kecamatan Madapangga yang sudah dikerjakan dan diklaim dari dana aspirasi anggota DPRD Kabupaten Bima, Ahmad Dahlan.

Ini adalah lahan di Sp Mboda Rato Desa Rato Kecamatan Madapangga yang sudah dikerjakan dan diklaim dari dana aspirasi anggota DPRD Kabupaten Bima, Ahmad Dahlan.

Bima, Bimakini.- Kegiatan pencetakan sawah baru di So Mboda Rato Desa Rato Kecamatan Bolo, diklaim dari dana aspirasi anggota DPRD Kabupaten Bima, Ahmad Dahlan, SSos.

Sumber anggaran dari kegiatan tersebut menurut Dahlan, dari APBD Perubahan 2016. Program cetak sawah tersebut merupakan dana perimbangan atau Dana Alokasi Umum (DAU) APBD II dengan total anggaran Rp.118 juta.

“Berdasarkan RAB luas lahan yang harus dikerjakan sebanyak 8,5 hektar, akan tetapi yang dikerjakan lebih dari sembilan hektar,” kata duta Hanura ini di Rato, Minggu (30/10/2016).

Sambungnya, berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertapa) Kabupaten Bima, program cetak sawah baru itu menguntungkan petani. Sawah di lokasi tersebut sebelumnya berukuran petak kecil, kini diperbesar.

“Sebelumnya penuh dengan bebatuan, namun setelah program cetak sawah ini dilakukan, sawah yang sebelumnya digarap dengan menggunakan cangkul, kini  bisa dengan Hand Traktor karena ukurannya sudah besar dan bebatuan sudah tidak ada lagi,”jelasnya.

Program cetak sawah ini, kata dia, berdasarkan permintaan petani So Mboda Rato. Malah tahun 2017 nanti, petani menginginkan program dilanjutkan. “Petani juga meminta pembangunan pagar dengan menggunakan kawat berduri untuk menjaga masuknya ternak dilahan tersebut, dan insha Allah apa yang menjadi aspirasi para petani So Mboda Rato akan diperjuangkan anggarannya lewat aspirasi tahun 2017,” janjinya.

Pprogram pencetak sawah ini, kata dia, sudah diperiksa Tim PHO, Konsultan/PTP dan APP yang merupakan tim dari  Dispertapa dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima. (BK.36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menambah pengadaan Kendaraan Dinas (Randis) baru. Penambahan itu  untuk menunjang transportasi kinerja dan operasional pegawai demi pelayanan...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.com.- Jaminah, warga RT 02 Buncu Utara Desa Matua Kecamatan Woja, tidak menyangka akan mendapat hadiah ibadah umrah secara gratis. Hadiah itu diperolehnya,...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.-Kini nakoda baru Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bima adalah H. A. Rahman, SE. Wakil Wali Kota Bima itu dikukuhkan berdasarkan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-Menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bima bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menggelar berbagai...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.- Pemerintah Desa (Pemdes) Punti Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima memastikan perahu motor berbahan fiber yang disorot warga, baru diserahkan oleh Bupati Bima saat...