Pendidikan

Debat Calon Ketua OSIS, SMAN 2 Gandeng KPU

Suasana debat calon Ketua OSIS SMAN 2 Woha di sekolah setempat.

Suasana debat calon Ketua OSIS SMAN 2 Woha di sekolah setempat.

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat, Kamis (13/10). Kegiatan  itu  dipantau  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Prosesi  itu merupakan rangkaian acara Pemilihan Ketua OSIS.

Acara debat   dibuka  oleh guru setempat, Suherman, SPd, disaksilan Kepala Sekolah Muhammad, SPd. MM. Saat itu,  hadir Ketua KPU Kabupaten Bima Siti Nursusila, SIP, MMSIP,   Camat Woha, Kapolsek Woha dan Danramil Woha.

Sebenarnya  ada lima calon, karena calon nomor urut IV lebih awal mengundurkan diri, sehingga hanya dihadiri  empat kandidat. Yakni  Mayang,   Uddin Ulumuddin, Khairul Bahri, dan  Tobiastobi dan nomor urut lima Fiqiah Aulia.

Setelah dibuka oleh guru, acara kemudian diambil-alih oleh siswa setempat.  Keempat kandidat lebih awal menyampaikan visi-misi kepemimpinan ketika terpilih nanti. Mereka sangat antusias dan  percaya diri. Kemudian pemandu menyediakan beberapa sesi untuk perdebatan.

Kepala SMAN 2 Woha, Muhammad, SPd, MM,  menyampaikan rasa senang terhadap pelaksanaan debat tersebut. Calon Ketua OSIS SMAN 2 Woha  agar  menyampaikan visi-misi secara  jujur, karena ketika terpilih nanti mereka harus memertanggungjawabkannya tidak hanya ke sekolah, tetapi juga kepada Allah.

“Siapapun nanti yang terpilih, saya berharap benar-benar melaksanakan visi-misi yang dijanjikan dan mampu bekerja sama dengan pengurus OSIS lainnya, sehingga program program yang direncanakan bisa berjalan,” harapnya.

Dia mengapresiasi  KPU Kabupaten Bima, karena telah memberikan kontribusi dalam kegiatan pemilihan OSIS. Kegiatan ini sekaligus program sosialisasi pemilih pemula. “Saya merasa bangga dan terharu atas kepercayaan ini sebagai pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS,” katanya.

Awalnya, KPU membentuk panitia pemilihan yang diambil dari siswa.  Tidak hanya itu, KPU melanjutkan  kegiatan Bimtek terhadap panitia dibentuk. Kemudian digelar  debat calon. Diharapkan  siswa  dapat “menjual” visi dan program. Debat ini bukan mengedepankan perselisihan, tetapi menyatukan persepsi untuk mencapai perubahan internal sekolah. “Nanti yang diperdebatkan visi-misi supada memiliki nilai jual,” jelasnya.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, SIP, MMSIP, mengakui SMAN 2 Woha satu-satunya sekolah di Woha yang menggelar pemilihan Ketua OSIS secara langsung, Kepada semua komponenen  sekolah, KPU  berterimakasih karena sudah mulai menanamkan nilai-nilai demokrasi.

Katanya, debat calon ini merupakan tahapan pemilihan Ketua OSIS yang tidak berbeda jauh dengan tahapan Pemilu yang dilaksakan KPU, beberapa waktu lalu. “Tahapannya hampir sama, salahsatunya debat kandidat atau debat calon Ketua OSI,” katanya.

Pemilihan Ketua OSIS yang didampingi KPU Kabupaten Bima, SMAN 2 Woha adalah yang keenam. Namun, diharapkan pelaksanaan kali ini menjadi  contoh bagi sekolah di masa mendatang. “Kita tanamkan bagaimana cara berdemokrasi dengan baik dan benar sesuai Undang-Undang yang berlaku,”  katanya. (BK34)

Share
  • 59
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top