Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dikes Meraih Peringkat Pertama PPID

dok: Wabup serahkan piala bergilir kepada pejabat Dikes.

dok: Wabup serahkan piala bergilir kepada pejabat Dikes.

Bima, Bimakini.-  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima  meraih peringkat pertama  lomba Penganugerahan PPID SKPD Pelayanan Informasi Terbaik Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2016. Penyerahan piagam dilakukan Senin (24/10) di aula kantor Pemkab Bima.

Acara penganugerahan PPID yang pertamakalinya digelar ini  dihadiri Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB, Ajeng Roslinda Motimori.

Keberhasilan  PPID  Dikes setelah proses  verivikasi tanggal 17-21 Oktober pada 21 SKPD yang mengembalikan formulir isian tatakelola informasi publik di masing-masing SKPD.

Peringkat kedua diraih PPID BPMD, disusul  PPID Dinas Peternakan,  PPID Dinas Pekerjaan Umum,  PPID Dinas Dikpora, dan  PPID Badan Lingkungan Hidup. Pemeringkatan tahun ini juga berhasil menempatkan PPID Badan Ketahanan Pangan sebagai juara favorit.

Wakil Bupati Bima, H Dahlan,  mengatakan dalam tiga tahun terakhir, pada tingkat Provinsi NTB, PPID Kabupaten Bima berhasil meraih prestasi terbaik  dan telah menjadi contoh bagaimana pelayanan informasi publik. Pelayanan itu dilakukan sesuai  norma dan standar yang ada.

“Saya ingin prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan,   tentu saja ini memerlukan komitmen dari semua pihak. Terutama Kepala SKPD selaku penanggungjawab pelayanan informasi  agar selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada para pejabat terkait dalam layanan informasi publik,”  katanya.

Kepada para Kepala  SKPD, Wabup   mengharapkan agar apa yang diraih menjadi catatan penting dalam pengelolaan informasi publik. Hasil pemeringkatan PPID SKPD ini harus menjadi bahan evaluasi secara menyeluruh berkaitan dengan tatakelola informasi, penyediaan data dan informasi publik pada masing-masing SKPD.

“Jadikan lomba untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi  dan komitmen untuk menyediakan informasi publik,” pintanya.

Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB, Ajeng Roslinda Motimori, mengatakan pemeringkatan ini merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia dan ini merupakan tindaklanjut penandatanganan nota kesepahaman semua Kepala Daerah se-NTB. Isinya  komitmen peningkatan pelayanan informasi pada tingkat kabupaten tahun 2015.

Disamping itu, beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi NTB telah menandatangani nota kesepahaman dengan para Bupati dan Wali Kota   untuk meningkatkan dukungan bagi pelayanan informasi melalui Program Desa Benderang Informasi’ Dengan demikian, SKPD juga harus siap   melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan informasi.

“Jangan sampai PPID desa jauh lebih siap daripada PPID SKPD dalam hal pelayanan informasi publik,” ingatnya. (BK32)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kantor Kejaksaan Negeri Raba Bima menyelidiki kasus dugaan korupsi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp. 13 miliar pada tahun 2021 dan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah  Kota Bima merencanakan untuk melakukan mutasi jabatan. Namun untuk melakukan mutasi harus mengantongi ijin baik Provinsi dan Pusat. Kabid Pengadaan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Danramil 1608/03 Sape dan Babinsa Koramil serta Ibu Persit Ranting 4 giat membagikan 120 Takjil bersama Santri Santriwati dan pegawai Rumah Tahfidz...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Seorang pria berinisial IM, warga Desa Woro Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima ini, nyaris menjadi bulan-bulanan massa setelah ketangkap basah hendak mencuri Bahan Bakar...