Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Ratusan Kayu Disita Muspika Belo

Kayu yang diduga hasil ilegal loging

Kayu yang diduga hasil ilegal loging

Bima, Bimakini.- Anggota Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Belo  menyita ratusan batang kayu  pertigaan Desa Cenggu kecamatan setempat, Rabu (05/10/2016) sekitar pukul 22.30 WITA. Kayu jenis sonokeling itu diduga hasil illegal loging dari Desa Doro O’o Kecamatan Langgudu.

Penyitaan kayu dilakukan di  Koramil Belo dan menunggu masyarakat yang mengelaim sebagai pemiliknya.

Kasubag Tata-Usaha Sat Pol PP Kabupaten Bima, Kadri, SE, MM, menjelaskan penyitaan  230 batang kayu  sonokeling  yang diduga hasil illegal loging,   berawal dari  informasi masyarakat. Ada  yang mencurigai pengangkutan kayu menggunakan turk  tidak dilengkapi dokumen. “Setelah mendapat informasi, kami bersama Muspika terdiri dari Polsek dan Koramil langsung memantau.  Terbukti setelah truk ditahan, petugas menemukan kayu sonokeling tanpa surat izin,” jelasnya  di Belo, Kamis (06/10/2016).

Nah, karena tidak bisa menunjukan surat sah kepemilikan, katanya,  pengemudi truk berinisial J asal Kabupaten Bima langsung digelandang ke Koramil Belo. “Karena tidak bisa menunjukkan surat, pelaku dan barang bukti diamankan,” katanya.

Dikatakannya, pengamanan kayu hasil illegal loging ini menepis opini bahwa aparat, terutama Sat Pol PP tidak peduli terhadap  persoalan illegal loging. Pemantauan  intensif dilakukan sehingga hasilnya bisa dibuktikan. “Pol PP juga peduli soal SDA, bukan berarti selama ini tutup mata,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sesuai amanat Perda 7/2007 tentang pemberantasan illegal loging,   upaya seperti ini terus dilakukan sampai menemukan pelakunya.  (BE34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dinas Perhubungan. Komunikasi .dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bima kembali melakukan Patroli Laut gabungan bersama Kapolsek Langgudu. Kegiatan ini ditujukan untuk memperkecil ruang...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Monta (HMM), Kamis (7/6) siang,  berdemonstrasi di depan kantor DPRD Kabupaten Bima dan Dinas Kehutanan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-   Pemerintah Kecamatan Monta Kabupaten Bima mengisyaratkan akan fokus mengintai dan meminimalisasi kasus pembalakan liar (illegal logging). Hal tersebut diisyaratkan Camat setempat, Drs. Nurdin...