Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Rumah Pintar Pemilu Diresmikan Ketua KPU RI

Ketua KPU RI, Juri Ardianto, bersama Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri saat tiba di KPU Kabupaten Bima meresmikan Sancaka Pemilu.

Ketua KPU RI, Juri Ardianto, bersama Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri saat tiba di KPU Kabupaten Bima meresmikan Sancaka Pemilu.

Bima, Bimakini.- Rumah Pintar Pemilu atau Sancaka Pemilu KPU Kabupaten Bima, diresmikan oleh Ketua KPU RI, Juri Ardianto, Kamis (20/10/2016). Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita, bersama Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Sucianti.

Ketua KPU RI, Juri Ardianto mengapresiasi hadirnya Rumah Pintar Pemilu Kabupaten Bima, yang memiliki nama khusus Sancaka Pemilu. Sancaka dalam istilah Bima adalah ruang dalam rumah dan bisa mencerminkan adanya ruang dialog atau proses demokrasi.

(Baca juga:KPU RI: Pemilu jangan Hanya jadi Peristiwa Lima Tahunan)

Setidaknya tercatat ada beberapa prestasi KPU Kabupaten Bima dalam penyelenggaraan Pilkada 2015 lalu. Pertama, mampu mewujudkan Pilkada Damai, meskipun daerah ini diprediksi sangat rawan. “Prestasi kedua, tidak adanya gugatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, mencerminkan bahwa hasil Pilkada dapat diterima oleh semua, tanpa ada kecurangan atau lainnya. Kenyataan ini juga menunjukkan kedewasaan politik peserta Pilkada.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila menjelaskan Rumah Sancaka Pemilu KPU Kabupaten Bima, memiliki makna kekeluargaan dan musyawarah. Sumber pendanaan kegiatan Sancaka Pemilu dari anggaran KPU dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima. “Kantor KPU akan menjadi rumah pemilu untuk informasi, data, diskusi terkait demokrasi,” ujarnya.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Anshori, mengatakan Rumah Pintar Pemilu jadi milik semua pihak. KPU bisa bersinergi dengan semua pemangku kepentingan. “Penyelenggaraan Rumah Pintar Pemilu hanya ada di 18 Kabupaten/Kota se Indonesia dan hanya di sembilan provinsi,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, hadirnya Ketua KPU RI di Bima untuk pertama kalinya dalam sejarah Kepemiluan. “Ini menjadi kebanggaan sendiri,” ungkapnya.

Hadir dalam louncing Sancaka Pemilu Kabupaten Bima, KPU Kota dan Kabupaten se NTB, Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Nor, Partai Politik dan pejabat lingkup Kabupaten Bima. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Empat terduga  pelaku pembakaran logistik Pemilu di Kecamatan Parado tidak dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu (24/2/2024). Pasalnya...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Penunguran Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Sabtu 24 Februari 2024 berjalan lancar. Untuk itu, KPU menyampaikan apresiasi kepada semua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 7O5 Tahun 2024 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pada Pemilihan...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Logistik Pemilu 2024 di lima TPS di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, di Desa Wane, Rato, Kamsa, Desa Lere. Pembakaran dilakukan saat...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Sehari menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Selasa (13/2/2024)  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima melakukan pemusnahan suara rusak  di...