Pendidikan

Tatakelola BOS, Poin Kesuksesan Sekolah

H Alwi Yasin

H Alwi Yasin

Kota Bima, Bimakini.- Kesuksesan lembaga pendidikan bergantung dari organisasi di sekolah. Tidak saja guru, tetapi semua yang ada di dalamnya. Termasuk kesuksesan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Yasin, MAP, saat lomba pengelolaan dana BOS, Selasa (25/10), di aula SDN 39 Kota Bima.

Disampaikannya, dalam tatakelola dana BOS, semua fungsi harus bersama bekerja sesuai Tupoksi, tidak saja Bendahara dan Kasek, tetapi juga guru. Tetapi pada peran sesuai fungsi masing-masing. Kasek juga tidak otoriter dalam memimpin. “Harus dapat memberdayakan SDM yang ada untuk kemajuan sekolah,” ingatnya.

Untuk itu, Alwi berpesan agar melalui lomba ini ke depan, penataankelolaan dana BOS lebih baik lagi. Sekolah yang juara nanti akan mewakili dan sukses mengantarkan nama Kota Bima sampai ke kancah nasional.

Kabid TK dan Dikdas Dikpora Dikpora, Taufikkurahman, dalam arahannya mengatakan manajemen pemanfaatan tatakelola BOS tidak saja secara fisik, tetapi juga administrasi. Saat ini Kota Bima menempati peringkat ke-36 nasional dalam lomba tatakelola BOS.

Untuk itu, katanya, kedepan melalui lomba tahun ini agar duta Kota Bima dapat memberikan terbaik bagi daerah, terus membenahi tatapengelolaan BOS ke depan sebagai penunjang pemanfaatan BOS yang dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai pemanfaatannya. (BK32)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top