Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

10 Tahun Hokky Mart Ikut Dorong Pertumbuhan Ekonomi Bima

Suasana aktivitas di Hokky Mart Bima yang kini sudah 10 tahun.

Suasana aktivitas di Hokky Mart Bima yang kini sudah 10 tahun.

Kota Bima, Bimakini.- Hokky Mart adalah satu di antara  supermarket di Kota Bima. Kehadiran usaha ritel sejak 23 November 2006 itu ikut memberi kontribusi terhadap  geliat perekonomian Bima. Apalagi, kini sudah mulai berkembang dan berada di bawah payung CV Hokky Retail Indo.

Owner Hokky Mart, Hendra Rusly, mengaku awalnya melihat Bima belum memiliki supermarket yang melayani kebutuhan masyarakat. Itulah  satu di antara alasan membuka usaha ini. Selain melihat peluang itu terbuka.

Tentu tidak semata menjual barang, namun menerapkan prinsip menjual jasa dan melayani. Baginya hal ini penting agar ada kepuasan pembeli dan merasa dilayani. “Tidak sekadar menjual, namun bagaimana karyawan menjual jasa dan melayani,” ujarnya.

“Bune Haba” adalah slogan yang dimunculkan sejak awal, menunjukkan sikap keramahan melayani. Tentu tidak hanya  saat awal saja, namun tetap ditekankannya pada karyawan hingga saat ini.

Kini Hokky Mart  memiliki  70 karyawan,  awalnya hanya 13 orang. Mulai merintis dari satu lantai,  kemudian muncul Hokky Mart Raba, Hokky Baby Shop, dan Hokky Fashion. Semua usaha berpusat di Kota Bima.

“Karyawan yang sudah bekerja di Hokky Mart sudah ratusan, karena ada yang keluar  dan masuk. Di antara karyawan ada juga yang sambil kuliah hingga sarjana,” ujarnya.

Hal itu juga membanggakan bagi Hendra, ketika ada karyawannya ada yang mengenyam pendidikan tinggi. Meskipun tidak mengetahui bagaimana mengatur waktu kerja dan kuliahnya. “Tiba-tiba ada yang minta izin tidak masuk karena mau wisuda. Karyawan memang kerjanya shift,” ungkapnya.

Karyawan Hokky Mart saat melayani pembeli.

Karyawan Hokky Mart saat melayani pembeli.

Bagi Hendra, membangun bisnis ritel, tidak hanya mendatangkan barang kebutuhan dari luar. Namun, juga memberi peluang bagi usaha lokal. Bahkan, sejak awal Hokky Mart   sudah mulai mengakomodir pengusaha lokal. Seperti produk kue kering maupun khas lokal.

“Siapa lagi yang akan membantu, bagi saya ini penting memberi kontribusi bagi usaha lokal. Ada yang sudah 10 tahun, ada yang enam tahun memasukkan produknya di Hokky,” ungkapnya.

Bagi pelanggan Hokky, kata dia, memberikan poin bagi setiap belanja kelipatan tertentu. Poin itu bisa ditukarkan dengan berbagai barang yang telah disiapkan. “Biasanya para ibu yang menyukai ini,” katanya.

Usaha supermarket kini sudah mulai berkembang, bahkan cukup pesat. Persaingan itu dirasakannya. Namun, tidak membuatnya untuk buru-buru mengembangkan sayap usaha, hingga ke wilayah Kabupaten Bima. Semua ada perhitungan dan tetap mengonsentrasikannya di Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Untuk di wilayah Kabupaten Bima, keinginan mengembangkan itu ada, namun masih menunggu waktu yang tepat,” katanya.

Di tengah persaingan itu, Hokky juga tetap menunjukkan sisi kepedulian sosial. Saat momentum ulang tahun selalu  mengunjung i panti asuhan, sekolah anak berkebutuhan khusus (SLB), kegiatan membersihkan pantai dan lainnya. Tidak hanya itu, ikut memberi membantu berbagai kegiatan kemasyarakatan, kepemudaan, dan lainnya.

“Ikut menjadi sponsor berbagai kegiatan. Setiap momentum ulang tahun juga, saya mengajak karyawan liburan bersama,” katanya.

Sejak 2009, kata Hendra, Hokky juga menggelar kegiatan Jalan Santai dan Sepeda Santai  menggandeng Gearbox. Demikian juga untuk tahun ini, menggelar event yang sama, tepatnya Minggu 27 November 2016.

Satu dekade ini, Hokky menyiapkan hadiah utama Tiga Unit Motor Cross VIAR, 10 sepeda, TV, handphone, dan banyak lagi hadiah lainnya. Berbeda dengan sebelumnya hanya sepeda dan jalan santai, kini peserta bisa menggunakan sepeda roda dengan rute yang berbeda.

Kegiatan dipusatkan di lapangan Serasuba. Satu dekade ini diharapkan lebih meriah. Setiap tiket yang dibeli peserta disertai bonus, mulai dari voucer belanja, pulsa, minuman, snack. Jika dinilaikan, sama dengan harga tiket yang dibeli.

“Tiket dapat dibeli di Hokky dan voucer belanja dapat langsung ditukarkan dan juga tiket dapat dibeli di Toko Sepeda Gearbox,” terang pria ramah ini. (BE25/Adv)

Share
  • 1
    Share
Komentar

Berita Terkait