Ekonomi

BPR Pesisir Akbar Siapkan Kredit Khusus untuk Petani Jagung

Dirut PT. BPR Pesisir Akbar

Dirut PT. BPR Pesisir Akbar

Bima, Bimakini.-  Ini kabar gembira buat anda para petani jagung. PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pesisir Akbar memberikan kredit khusus kepada para petani jagung. Hal ini dilakukan menurut Direktur Utama BPR Pesisir Akbar, H. Zas’ri Zainuddin, SE untuk mendukung program penanaman jagung yang saat ini sudah menjadi primadona di Bima maupun Dompu.

Menurutnya, program tersebut dimulai pada musim tahun 2016, pihaknay bekerjasama dengan Bank Andara dan Sygenta memberikan pembiayaan yang sangat membantu para petani jagung bukan hanya di Bima, tetapi juga di Dompu dan Sumbawa. ‘’Pembiayaan atau kredit ini mudah, murah, dan praktis melalui skim PIS Agro atau Agri Fin,’’ katanya.

Kredit ini menurutnya baru dibayar setelah panen jagung. ‘’Syaratnya selain sayarat normal lainnya, juga harus menanam jagung. Kalau tidak menanam jagung ya tidak memenuhi syarat,’’ katanya.

Saat ini kata dia, sudah berjalan tim yang melakukan sosialisasi. ‘’Untuk ini memang ada tim khusus yang kami bentuk. Syarat teknis lainnya akan disampaikan langsung oleh tim kepada petani,’’ tambah pria yang hobi gowes ini.

Ditanya seperti apa saja kemudahannya yang akan diberikan oleh BPR Pesisir Akbar kepada petani jagung melalui kredit khusus ini, Zas’ari menjelaskan tidak ada beda dengan prosedur kredit lain, tetapi intinya akan dipermudah. ‘’Pokoknya akan saya permudah. Yang jelas salah satu syaratnya harus ada kelompok tani jagung. Soal agunan, bias satu sertifikat untuk dua sampai tiga orang petani,’’ ujarnya. (BK.27)

Share
  • 26
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top