Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Bupati Apresiasi Dedikasi dan Ikhtiar Guru

Bupati Bima saat menjadi inspektur upacara  peringatan HGN dan PGRI, Jumat.

Bupati Bima saat menjadi inspektur upacara peringatan HGN dan PGRI, Jumat.

Bima, Bimakini.- Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bima dipusatkan di halaman persiapan kantor Bupati Bima, Jumat, (25/11). Inspektur upacara adalah  Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri.

Saat itu hadir Wakil Bupati Bima H Dahlan, Ketua DPRD Murni Sucianti dan anggota.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bima,  Bupati menyampaikan terimakasih dan penghargaan  tinggi  terhadap  dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar  guru, pamong dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Saya ucapkan selamat memeringati Hari Guru Nasional Tahun 2016,” katanya.

Setelah itu, Bupati membacakan amanat Mendikbud RI. Dikatakannya,  guru memiliki peran yang amat mulia dan amat stategis. Berbanggalah menjadi seorang guru, sebab, ditangan oara guru, pamong dan tenaga kependidikan, masa depan bangsa menjadi taruhan, melalui anak-anak peserta didik di sekolah dan sanggar belajar.

“Kita akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para guru, katanya.

Katanya, sejak ditetapkan UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen,  guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Namun, bukan berarti sebelum itu para guru bekerja secara tidak profesional. Harus diakui hingga kini profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan.

“Masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras agar pekerja guru di negara kita betul-betul sebagai pekerjaan profesional di masa akan datang,”  katanya.

Diakuinya, selama ini pemerintah telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional. Namun, upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak guru. Pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertidikat pendidikan.

“Saya berharap hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru. Itu telah dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa,” terangnya. (BK34)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Peserta Kampus Mengajar Angkatan 2 menggelar HUT ke-76 PGRI dan Guru, Jumat (27/11/2021) di SDN Inpres Kawae, KecamatanWawo, Kabupaten Bima. Meski diguyur...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Ada yang unik dari ekspresi dan apresiasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 4) Kota Bima  saat merayakan Hari Guru Nasional...

Pendidikan

Bima, Bimakini. – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima, Tajuddin, SH, MSi, mengakui kualitas dan kompetensi guru di Kabupaten Bima,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- “Selamat kepada seluruh guru yang sudah bekerja keras mendidik siswa, dari yang tidak tahu apa-apa menjadi cerdas,” ujar  Wakil Wali Kota...

Pendidikan

Dompu, Bimakini.-  Saat ini, masih banyak tenaga pendidik yang enggan mengajar pada sekolah  di wilayah pelosok. Akibatnya, para pendidik menumpuk di  perkotaan. Kepincangan jumlah...