Pemerintahan

Hingga Oktober, 12 ASN Langgar Disiplin

Ichwan Syah

Ichwan Syah

Kota Bima, Bimakini.- Hingga Oktober tahun 2016 ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar ataupun mendapatkan hukuman disiplin berat maupun ringan, mencapai 12 orang. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bima itu, tren pelanggaran kedisiplinan menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai angka 33 orang pada periode yang sama.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai BKD Kota Bima, Ichwan Syah, yang dikonfirmasi mengatakan data masalah ASN tahun 2016 ini menurun dibandingkan tahun lalu. Tahun 2016 ada 12 kasus sudah diberikan hukuman disiplin. Yakni 2 hukuman disiplin ringan berupa teguran lisan dan 6 teguran tertulis. Satu hukuman berat berupa pembebasan dari jabatan.

Namun, Ichwan tidak membeberkannya jenis masalahnya. Diakuinya, masalah ASN yang masuk ke BKD dan diberikan hukuman disiplin ringan maupun berat yakni mereka yang sudah tidak dapat dibina pada tingkat SKPD.

Berdasarkan amanat PP 53/2010 tentang disiplin pegawai, untuk pembinaan bagi ASN bermasalah atau melanggar aturan disiplin itu tidak langsung oleh BKD. Tetapi, secara berjenjang mulai dari SKPD.

Sebenarnya Kepala SKPD bisa saja langsung memberikan hukuman pada ASN bila memang tidak bisa dibina dan kerap melanggar. Tetapi, tetap berkoordinasi secara administrasi dengan BKD. Bagi ASN yang diproses di BKD, yakni mereka yang sudah tidak bisa dibina menyeluruh lagi pada tingkat SKPD. “Tetapi tentunya peran SKPD akan lebih besar tetap membina mereka,” katanya. (BK32)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top