Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Jika Anak Sehat dan Cerdas, Rutin Konsumsi Ikan

Wabup Bima, H Dahlan.

Wabup Bima, H Dahlan.

Bima, Bimakini.- Jika generasi bangsa  tingkat Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ingin menjadi anak sehat dan cerdas harus gemar mengonsumsi ikan.

Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Bima, H Dahlan, MPd, saat  kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan). Program itu merupakan pemberdayaan masyarakat pesisir dan pengembangan usaha oleh Dinas Perikanan Dan Kelauatan (Diskanlut) Kabupaten Bima.

Kegiatan diikuti 300 anak SD/MI serta 100 anak TK/PAUD di Paruga Nae  Kecamatan Madapangga, Sabtu (26/11).
Dijelaskannya, kegiatan ini momentum yang penting dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Bima yang kuat, sehat, dan cerdas. Selain itu, berpenampilan prima, sekaligus membangun karakter bangsa dan daerah. “Yaitu mencerdaskan masyarakat secara fisik dan mental,” tuturnya.

Gemarikan merupakan fokus perhatian pemerintah sebagai upaya asupan nutrisi bagi anak-anak dan ibu hamil, pertumbuhan dan dasar perkembangan anak. Hal itu  karena ikan mengandung omega 3 tinggi. Sifat daging ikan yang berserat tipis dan lunak sehingga mudah dicerna. Selain itu, protein ikan mudah diserap tubuh bagi anak-anak, sehingga efektif untuk penunjang pertumbuhan.

“Untuk itu, jika kita ingin sehat dan anak-anak ingin cerdas,   harus Gemarikan dan Forikan guna menggapai impian dan cita-cita sebagai generasi penerus bangsa,” ajaknya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Ir Hj Nurma, MSi, mengatakan tujuan  program itu  untuk menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur yang terkait. Selain itu, kesuksesan gerakan peningkatan konsumsi ikan di kalangan pemerintahan, perguruan tinggi swasta maupun masyarakat umumnya.

Katanya,  program  memberikan asupan gizi dan pertumbuhan dari ikan  untuk menyiapkan anak sehat, kuat dan cerdas. Sasarannya anak-anak SD. Kegiatan  itu   kerjasama dengan Ketua Tim Penggerak  PKK  Kabupaten Bima yang merupakan Ketua Forikan. (BK29)

Share
Komentar

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Anggota Polairud Sape mengamankan lima nelayan yanga diduga menangkap ikan dengan bahan peledak (Ilegal Fishing). Penangkapan itu dipimpin langsung oleh Danpos...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.com.-  Berbagai jenis ikan ditemukan mati terkapar sejak Minggu (26/5/2013) lalu di sepanjang pantai Selatan Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu. Jumlahnya ditaksir puluhan ribu....

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Kepolisian Resort (Polres) Bima Kota telah mengolah tempat kejadian perkara (TKP), areal tewasnya pencari ikan, Arisman (19), Senin (29/4) malam lalu. Meksi...

Ekonomi

  Bima, Bimakini.com.- Protes dan kritik dari sejumlah warga desa Bajo Kecamatan Soromandi yang menginginkan pasar ikan di desa setempat dipindahkan sekitar pelabuhan, akhirnya direspons...