Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Kadis Klaim Kompetensi Guru Meningkat

Tajudin, SH

Tajudin, SH

Bima, Bimakini. – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima, Tajuddin, SH, MSi, mengakui kualitas dan kompetensi guru di Kabupaten Bima, sudah menunjukan grafik meningkat.  Untuk terus mendorong upaya itu, Dinas terus mengevaluasi berbagai perbaikan demi   mutu pendidikan.

Katanya, hal itu dilakukan untuk memotivasi guru dalam  perannya di tengah masyarakat dan  meningkatkan kualitas anak bangsa. “Ini semua sebagai rasa bangga dan terimakasih kita terhadap kinerja guru  yang memberikan kontribusi riil untuk daerah ini,” ujarnya usai menghadiri upacara HUT PGRI dan HGN di Woha, Jumat (25/11).

Tajuddin menyatakan, disamping itu pula  akan mengevaluasi  permasalah yang muncul  seputar bidang pendidikan agar  menjadi perhatian bersama. “Jadi Guru, Pengawas, dan Kepala Sekolah saat ini telah menunjukkan kualitas baik,” harapnya.

Mengapa profesionalisme guru perlu ditingkatkan? Ketika guru  berkualitas dan berkompeten,  murid akan memiliki kualitas pula. “Guru berkualitas akan meningkatkan sumberdaya siswa,” ungkapnya.

Diakuinya, tahun ke-71 ini, peningkatan kualitas dan kompetensi guru sudah menunjukan arah baik, karena sekarang sudah ada guru pembelajar, Kepala Sekolah pembelajar dan pengawas pembelajar. Itu  merupakan bukti  peningkatan kualitas mereka.

Mengenai  kasus guru yang dizalimi selama ini, Tajuddin  mengatakan tanggung jawab pendidikan ini bukan hanya  guru, Kepala Sekolah, dan pemerintah saja,  namun tanggung jawab bersama masyarakat.

“Orang tua harus memahami, tugas dan tanggung jawab guru begitu besar, kerita anaknya dicubit dalam pembinaan, jangan dianggap penyiksaan,” harapnya.

Disebutkannya, supaya siswa  dibina lebih baik lagi, munculnya guru yang disiksa dan sejenisnya oleh orang tua murid, pendekatan humanistik telah dilakukan dan bermitra bersama PGRI.

“Meskipun dilaporkan terhadap aparat penegakkan hukum, ujung akhirnya diselesaikan secara kekeluargaan,” ujarnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Peserta Kampus Mengajar Angkatan 2 menggelar HUT ke-76 PGRI dan Guru, Jumat (27/11/2021) di SDN Inpres Kawae, KecamatanWawo, Kabupaten Bima. Meski diguyur...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Ada yang unik dari ekspresi dan apresiasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 4) Kota Bima  saat merayakan Hari Guru Nasional...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- “Selamat kepada seluruh guru yang sudah bekerja keras mendidik siswa, dari yang tidak tahu apa-apa menjadi cerdas,” ujar  Wakil Wali Kota...

Pendidikan

Dompu, Bimakini.-  Saat ini, masih banyak tenaga pendidik yang enggan mengajar pada sekolah  di wilayah pelosok. Akibatnya, para pendidik menumpuk di  perkotaan. Kepincangan jumlah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bima dipusatkan...