Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Komisi II Mengecek Kerusakan Fisik Dam Nangka Nggembe

Dua anggota Komisi II saat melihat dari dekat kondisi fisik Dam Nangka, Selasa.

Dua anggota Komisi II saat melihat dari dekat kondisi fisik Dam Nangka, Selasa.

Bima, Bimakini.- Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Ilham Yusuf, SH dan  Nurdin Amin, SH, mengecek kondisi fisik Dam Nangka, Selasa (29/11/2016). Pengecekan itu untuk menindaklanjuti laporan masyarakat,  khususnya Kelompok Tani (Poktan) Telaga Dewa Desa Nggembe Kecamatan Bolo.

Dam Nangka berlokasi di Sori Nggembe Desa Nggembe, dan  dibangun dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 senilai sekitar Rp20 juta oleh aparatur pemerintahan desa setempat. Ironisnya, kondisi fisiknya yang baru “seumur jagung” itu  sudah rusak dan jebol.
Anggota Komisi II, Nurdin Amin, SH, di lokasi dam mengatakan  kunjungan itu  untuk  menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait kondisi fisik dam yang  rusak. Bahkan, sudah jebol. “Kita mengecek langsung kondisi fisik dam yang sebenarnya,” jelasnya Selasa (29/11).
Dijeaskannya, berdasarkan hasil pengecekan lapangan, memang kondisi fisik bangunan Dam Nangka sepanjang sekitar 10 meter sudah rusak, bahkan  beberapa titik sudah jebol.  “Diduga dikerjakan asal jadi oleh pihak aparatur pemerintahan,” bebernya.

Menurutnya, selain kondisi fisik dam di bagian tanggulnya sudah jebol,  juga  bagian ujung Timur dan Barat  dam tidak dibangun fondasi. Pelaksana hanya langsung menempel di atas tanah. Karena  tidak adanya fondasi seperti itu, maka tidak tertutup kemungkinan dam  bernilai Rp20 juta ini akan mudah jebol diterjang angin dan air. “Bukan diterjang oleh banjir,” gambarnya.

“Bukti nyata sekarang, intensitas hujan belum tinggi, banjir belum datang menerjang, malah kondisi fisik damnya sudah jebol, tanggulnya pada sejumah titik rubuh sendiri,”  tambah duta PDIP ini.

Dia meminta aparatur pemerintah desa sebagai pelaksana, terutama Kepala Desa (Kades) setempat  membenahinya. Bila perlu dam ini dibangun ulang supaya kondisi fisiknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam waktu cukup lama.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kita minta Kades harus bertanggungjawab perbaiki atau bangun ulang dam ini,” pintanya.
Jika permintaan tidak dipenuhi oleh Kades, maka persoalan ini akan bahas lebih lanjut pada tingkat Komisi. Kemudian tidak tertutup kemungkinan bisa direkomendasikan ke ranah hukum, karena i menyangkut uang rakyat.

“Kalau tidak diindahkan, maka persoalan ini tidak tertutup kemungkinan akan dilarikan ke ranah hukum,” ancam Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bima ini.
Ketua Poktan Telaga Dewa, Desa Nggembe, Drs Sudirman, mengatakan kesepakatan awal bersama aparatur pemerintah desa beberapa waktu lalu adalah Dam Nangka hanya direhab menggunakan dana ADD tahun 2016 senilai Rp20 juta. Kekurangan anggaran dari pagu dana ADD sekian tersebut, anggota Poktan yang menanggung melalui   swadaya.  “Namun oleh pihak desa malah kerja sendiri menggunakan anggaran 20 juta itu,” sebutnya.

Selain itu, kesepakatan awal lokasi untuk pembangunan dam bukan pada lokasi pembangunan saat ini. Akan tetapi, sekitar 50 meter dari situ. “Sekarang kondisi fisiknya belum apa-apa sudah rusak duluan,” keluhnya.
Kades Nggembe, Ishaka Ta’amin, yang dikonfirmasi  mengatakan, kondisi fisik dam yang rusak segera diperbaiki. “Kita perbaiki secepatnya kondisi fisik dam yang rusak tersebut,” jawabnya.
Dikatakannya, pembangunan dam itu  hanya upaya penanggulangan terhadap bangunan dam sebelumnya yang rusak karena desakan masyarakat.  (BK29)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Komisi III DPRD Kabupaten Bima merencanakan memanggil pelaksana proyek Dam Dorohuni di Desa Laju Kecamatan Langgudu. Dam  yang dikerjakan dengan  alokasi anggaran...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dam Dorohuni Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima saat ini sudah ambruk. Kondisi fisik Dam yang berantakan itu direaksi oleh anggota Dewan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pembangunan saluran irigasi di So Mboda Desa Ncandi Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima kini telah rampung. Manfaatnya langsung dirasakan oleh para petani setempat....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sejumlah petani yang memiliki lahan pertanian di So Rada Desa Campa Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima mengeluhkan kondisi Dam yang mengairi lahan pertanian...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-    Kepala Desa (Kades) Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Ishaka Ta’amin, AmaPd, menilai pernyataan Ketua Kelompok Tani (Poktan) Telaga Dewa, Drs Sudirman,...