Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Legislator Sorot Perampasan Fungsi Trotoar dan Lalulintas

Alfian Indrawirawan

Alfian Indrawirawan

Bima, Bimakini.- Sejumlah jalur trotoar yang seharusnya menjadi tempat bagi pejalan kaki (pedestrian) berubah fungsi. Seperti  di depan pertokoan dan minimarket Hokky, Bolly, Sumber Mas. Demikian juga kondisi arus kendaraan di sepanjang jalan Ama Hami.

Sorotan ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Bima, Alfian Indrawirawan, Senin (14/11/2016). Dia  menilai Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika tidak gesit, karena sejumlah arus jalan masih terlihat semrawut.

Dicontohkannya,  jalur jalan kawasan Pasar Ama Hami, malah banyak pengguna kendaraan bermotor memotong jalan lurus dari terminal ke pasar Ama Hami. Padahal, sudah jelas ada rambu lalulintas tanda larangan melintas.

Diakuinya, imbasnya aktivitas jalan dari pasar Ama Hami masuk ke Kota Bima kerap memicu kemacetan. Belum lagi pada jalan dua jalur, seharusnya dari arah Selatan  pada jalan dua jalur sama-sama satu arah. Malah, banyak yang melawan arah.

Kata Alfian, seharusnya ada pengawasan oleh petugas Dishubkominfo  di depan Terminal Dara agar para pengguna jalan tidak sampai melaju ke arah Selatan. Masalahnya, akan bertabrakan dengan pengendara  dari Selatan. Apalagi jalan di sekitar kawasan itu sempit.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Begitu pun banyaknya trotoar kini menjadi lahan parkir oleh para pengusahan pertokoan, terutama Bolly dan Hokky Mart. Trotoar yang dibangun malah dijadikan lahan parkir dan ini harus menjadi atensi Dishubkominfo.

Termasuk pada sisi jalan, banyak pengendara  yang  belanja di tempat-tempat tersebut memenuhi badan jalan sebagai tempat parkir. Kondisi ini harus segera ditertibkan  agar ada hak antara pejalan kaki dan pengguna jalan.

“Saya minta Dishub  segera tertibkan, kalau bangun usaha ya sediakan tempat parkir dong,”  sorotnya.

Kepala Dishubkominfo Kota Bima, Ir H Julkifli,  berterimakasih terhadap  saran dan kritikan legislator. Ke depan a akan menambah petugas yang bersiaga pada  dua jalur itu dan  akan berkoordinasi lintas sektor untuk mencari solusinya. (BK32)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-   Keberadaan papan usaha Manjaya Eksekutif di Jalan Sultan Kaharuddin, dikeluhkan pejalan kaki yang melintas di trotoar. Masalahnya, papan usaha tersebut menutupi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima tampaknya masih harus bekerja keras untuk membersihkan trotoar dari penggunaan yang tidak semestinya. Sosialisasi yang telah dilakukan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-  Alih fungsi trotoar di kompleks pertokoan Bima menjadi areal pajangan barang, kini disikapi oleh Sat Pol PP  Kota Bima. Kepala Pol PP Kota...

Peristiwa

Kota Bima Bimakini.com.- Sorotan sebagian warga terhadap pemanfaatan trotoar oleh sebagian pedagang atau pemilik toko  untuk menyimpan barang daganganya, hingga saat ini belum  direspons...