Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Lima Calon Sekda Paparkan Visi-Misi

ilustrasi

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Lima calon Sekretaris Daerah (Sekda) melanjutkan sesi pemaparan visi dan misi, Rabu (23/11/2016). Biasanya, uji calon Sekda digelar di aula SMKN 3 Kota Bima, namun pemaparan visi dan misi itu  berlangsung di ruang kerja Sekda. Pemaparan visi dan misi itu berlangsung tertutup.

Anggota tim Pansel, Drs H Tajudin Umar, menjelaskan setiap peserta jelas diberi waktu  presentasi hasil karya tulis dalam bentuk makalah tersebut pada tim penguji, yakni tim Pansel. Setiap calon memiliki makalah yang berbeda.

Dalam tes kali ini, kata tajuddin, peserta diberikan waktu satu jam. Selama 15 menit untuk  presentasi makalah, sisanya sesi wawancara. “Kami akan menanyakan mereka seputar apa yang mereka tuliskan,”  ujarnya.

Satu di antara pejabat calon Sekda, Drs H Azhari, MSi, yang sempat diwawancara Bimakini, memilih  judul makalah “Peran Sekda dalam penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP).’ Kata Azhari, dalam makalah yang ditulis selama lima jam itu memaparkan seperti apa penerapan SAKIP. Mulai dari pembagian hingga pelaksanaan bidang kerja sesuai tugas dan fungsi.

“Bukan hanya itu, dalam makalah saya dijelaskan juga tentang sistem pelaporan kinerja. Karena dari hasil laporan tersebut dapat dilihat sejauhmana kinerja apratur,” katanya.

Bila laporan sudah baik dan mendapat nilai A atau B, secara otomatis akan menggambarkan seperti apa kinerja. Mulai dari pemberdayaan aparatur, sistem penggunaan anggaran hingga hasil akhir dari apa yang dikerjakan.

“Jadi di sini saya akan menjabarkan apa yang menjadi keinginan pimpinan dalam membangun daerah. Melalui sistem kinerja yang baik serta terarah,” jelasnya.

Baginya, SAKIP ini juga merupakan ujung tonggak dalam pembangunan daerah. Sebab, bila SAKIP sudah baik, pembangunan secara otomatis juga akan baik dan terarah. “Disamping itu saya  juga memaparkan seperti apa menjadi Sekda yang baik,” sebutnya.

Calon Sekda lainnya, Dr Ir Syamsuddin, MS, mengaku, saat tes diberondong pertanyaan begitu banyak. Setiap anggota Pansel mengajukan pertanyaan yang berbeda. “Jadi satu persatu mereka bertanya pada saya, tentang makalah yang saya tulis,” ceritanya. (BK28)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Komentar

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sekian lama menunggu pemangku jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima yang definitif akhirnya akan terjawab. Rencananya, hari ini (Selasa), nama Sekda...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Massa yang menamakan diri Gerakan Transparansi (Gersi) menggelar aksi demo menolak Drs H Muhtar Landa sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima...

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Nama Sekretaris Daerah (Sekda) Devinitif akan segera diketahui setelah Wali Kota Bima, HM Qurais pulang dari kunjungan kerja di luar daerah....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-   Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekretaris Daerah (Sekda)  Kota Bima tahap kedua diumumkan. Dari lima nama tersisa, tiga nama mendapatkan nilai...