Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Petani Keluhkan Bantuan Bibit Bawang Busuk

Inilah bibit bawang yang dikeluhkan petani, kondisinya membusuk.

Inilah bibit bawang yang dikeluhkan petani, kondisinya membusuk.

Bima, Bimakini. – Kelompok Tani (Poktan) di Desa Tolo Uwi Kecamatan Monta geram. Pasalnya bantuan bibit bawang merah diterimanya dari penangkar banyak yang busuk, bantuan melalui Dinas Pertanian dianggap gagal.

Salah satu anggota Kelompok Tani Desa Tolo Uwi, Wawan menjelaskan, bibit bawang diberikan tidak layak tanam, karena kondisinya busuk dan mengempes. “Karena kondisinya seperti ini jelas tidak bisa ditanam,” katanya pada Bimakini, Senin (14/11/2016).

Wawan berharap bantuan yang digelontorkan pemerintah, benar-benar berkualitas. Jangan sampai proyek pemerintah ini hanya asal-asalan.

“Pemerintah harus cek sendiri kondisi benih dibarikan, jangan sampai ini program yang gagal dari.pemerintah darah,” ujarnya.

Sementara penangkar atau produsen benih bawang, Ikhwan Gani mengatakan, jenis bawang merah yang disalurkan merupakan benih super philip yang sudah diperiksa oleh pengawas pada awal bulan Oktobe 2016 lalu.

“Kalau ada bibit yang rusak setelah sampai di tangan kelompok tani, silakan dilaporkan kembali dan kami akan menggantikan dengan bibit yang baru,” jelasnya.

Diakuinya, meski sebelum didrop telah melewati pemeriksaan kelayakan oleh pengawas. Namun menyerankan bibit bantuan jangan disimpan terlalu lama, karena kuatir membusuk dan mengempis.

“Kelompok tani harus membagikan langsung ke anggotanya. Supaya bibit bisa diperlakukan dengan baik sebelum waktu tanam,” jelansya.

Diakuinya, sampai saat ini belum ada laporan dari kelompok tani yang rusak setelah disalurkan.  Namun menyarankan, jika menemukan bibit yang bermasalah, melaporkan ke Poktan maupun Kepala Desa.

“Supaya dilaporkan kembali untuk diganti dengan yang baru. Jangan berbicara bibit busuk di sawah. Kalau busuk laporlan biar kita atasi persoalan ini,” jelasnya. (BK34).

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Kementrian Pertanian Republik Indonesia akan memberikan bantuan bibit sebanyak 10,4 ton. Bantuan bibit itu diantaranya untuk mengganti tanaman yang rusak. Hal...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura (Dispertapa) Kabupaten Bima, Ir. Tayeb bersama Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bima, Ilham Yusuf,...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Bantuan bibit bawang merah dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Bima kian dikeluhkan oleh petani. Setelah petani Desa Tolo Uwi...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Saat ini harga bawang dipasaran berkisar Rp2-3 juta per kuintal. Harga tersebut tergolong tinggi. Adanya bantuan bibit akan sangat membantu petani. Hal...

Ekonomi

Bima, Bimakini.– Keluhan bantuan bibit bawang busuk direspon oleh Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs. H. Dahlan M Nor, M.Pd. Terkait hal itu akan memanggil...