Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

STIE Bima Luncurkan Program E-Campus

Kopertis Wilayah VIII, Prof  Dr I Nengah Dasi Astawa, MSi, Ketua STIE Bima dan pimpinan kampus lainnya saat louncing bersama penerapan E-Campus.

Kopertis Wilayah VIII, Prof Dr I Nengah Dasi Astawa, MSi, Ketua STIE Bima dan pimpinan kampus lainnya saat louncing bersama penerapan E-Campus.

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Bima, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima terus mengembangkan diri. Salah satunya komitmen kampus biru ini untuk menerapkan E-Campus.

Bahkan, Sabtu (26/11/2016) peluncuran penerapan E-Campus dilakukan bersama Ketua Kopertis Wilayah VIII, Prof  Dr I Nengah Dasi Astawa, MSi.

Louncing E-Campus sendiri berlangsung di Kampus STIE Bima dan dirangkai dengan seminar dengan tema “Peran Teknologi Informasi dalam Memperluas Aksibilitas Menuju Kemandirian Mahasiswa”. Pembicara dalam seminar itu, Ketua Kopertis Wilayah VIII, Prof  Dr I Nengah Dasi Astawa, MSi.

Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM mengatakan program E-Campus ini untuk mengintegrasikan sistem informasi secara terpadu. Selain itu akan memudahkan semuanya, baik dosen maupun mahasiswa.

“Karena akan mengumput data manual dalam satu sistem informasi, pasti akan merepotkan. Namun jika semua sudah terintegrasi, maka akan memudahkan,” ujarnya.

Ketua Kopertis Wilayah VIII, Prof  Dr I Nengah Dasi Astawa, MSi, mengatakan, dengan E-Campus akan memberi sejumlah kemudahan, termasuk bagi mahasiswa. Semua data akan terimput dan memberi kemudahan bagi siapapun yang mengaksesnya. Misalnya, bagi mahasiswa yang ingin mengetahui apakah sudah terdaftar atau memiliki nomor registrasi.

Selain itu, kata dia, mahasiswa dapat mengecek nilai dan memungkinkan tidak terjadinya kekeliruan. Karena mengimput data secara manual oleh operator kampus,  bisa terjadi “human error”. “Bisa saja operatornya main mata dengan mahasiswa untuk mengubah nilai yang diberikan oleh dosen dan dosen juga jarang melihat kembali nilai yang sudah disetorkan,” katanya.

Tidak hanya soal nilai, kata dia, namun banyak hal yang kampus akan terbantukan. Apalagi saat ini memang sudah era teknologi mengharuskan kampus mengadaptasi diri.

Nengah juga mengingatkan mahasiswa dan dosen untuk melek tehnologi informasi. Bahkan menjadikan fasilitas internet sebagai sumber referensi pengetahuan, selain buku.

Dosen juga, diminta untuk tidak gagap teknologi dan jangan sampai kalah dengan mahasiswa. Bahkan menganjurkan memiliki fasilitas hanphone (HP) atau android yang memudahkan akses informasi pengetahuan setiap saat.

Khusus bagi mahasiswa diingatkannya untuk meningkatkan kualitas diri, termasuk dalam orientasi masa depan. Mengutamakan untuk menjadi wirausahawan, ketimbang menjadi pegawai. “Pilihan utama harus menjadi wirausahawan, jenjang dibawahnya profesional, pegawai dan butuh. Jangan langsung memutuskan untuk menjadi pegawai, namun jadi pengusaha,” pesannya.

Mahasiswa, kata dia, harus memiliki keberanian, terutama dalam menjadi wirausahawan. “Saya berharap semua mahsiswa STIE Bima mau menjadi wirausaha, jangan langsung orientasi pegawai, karena itu terlalu kecil,” ujarnya. (BK.25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Mahasiswa Pecinta Alam MAHAPETA Sekolah Ilmu Ekonomi (STIE) Bima,  kembali sukses menggelar Lomba Lintas Alam (LLA) ke-VI tingkat NTB. Kegiatan yang...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Saat ini NTB memiliki banyaknya Event Internasional. Ini seharusnya menjadi kesempatan pengembangan UMKM di Bima dan Dompu.  Menjadi kesempatan untuk bisa...

CATATAN KHAS KMA

    INI soal kebutuhan dasar, air. Inilah yang dialami warga bukit Jatiwangi. Bukit indah di sisi utara Kota Bima ini, butuh air. Untuk...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Setelah diumumkan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi di NTB yang lolos Program Wira Usaha Desa (Wiradesa), Rabu Pagi, 8 September 2021, Sekolah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa KKN STIE Bima kelompok IV gandeng Karang Taruna (KT) Mekar Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima menggelar Bakti Sosial (Baksos) membersihkan Tempat...