Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Anggaran Pengukuhan Kasek kok Dibebankan pada Sekolah?

Suasana Pengukuhan Kasek SMA,SMK dan SLB di Istana Sakinah Bolo pada Selasa (31/1/2017).

Bima, Bimakini.- Kepala SMA, SMK, dan SLB yang dilantik oleh Bupati Bima beberapa waktu lalu dikukuhkan di Kecamatan Bolo, Selasa. Namun, ada yang menjadi sorotan. Sekolah dibebankan untuk mengumpulkan anggaran pengukuhan itu.
Sorotan itu disampaikan seorang guru sekolah swasta di Kecamatan Bolo, Selasa (31/01/2017).

Kata sumber yang meminta tidak disebut namanya itu , pengukuhan tersebut merupakan agenda Provinsi NTB, namun dibebankan pada sekolah menengah atau sederajat di Kabupaten Bima. “Mestinya jangan dibebankan lagi ke sekolah, kalau dihitung uang yang terkumpul tersebut hampir belasan juta untuk kegiatan itu,” ujarnya di Bolo.
Dia meminta hal semacam ini jangan dibiasakan, apalagi terkait keberadaan UPT Dikmen PK dan PLK baru dilantik. Seharusnya mengawali tugas baru dan penuh pertimbangan.
Bagaimana penjelasan panitia? Ketua Panitia Pelaksana, Abubakar, MPd, membenarkan kegiatan itu merupakan swadaya pihak sekolah, hal itu sesuai kesepakatan bersama. Apalagi ini hajat bersama dan anggaran jelas dipergunakan untuk kelancaran kegiatan. Hal itu dilakukan karena tidak tersedianya anggaran dari Provinsi NTB.
“Intinya kalau ada anggaran dari Provinsi tidak mungkin kita mengumpulkan anggaran pada setiap sekolah,” katanya.
Kepala UPT Dikmen Bina PK dan PLK Bima Dikbud Provinsi NTB, Drs H Abdul Hafid, MM, menyampaikan kegiatan ini bentuk kesepakatan bersama dengan seluruh unsur yang berkompeten. Dalam hal ini, Panitia bekerja sama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Mengenai pengumpulan uang tersebut, bukan sebagai pungutan apalagi sampai dikatakan pungutan liar.
“Itu persepsi yang salah, karena kegiatan ini adalah kebutuhan setiap sekolah. Dalam arti dari kita untuk kita,” katanya. (BK36)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Ada harapan besar yang diinginkan Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri, SE, ketika prosesi sumpah jabatan dan pelantikan pejabat struktural dan fungsional...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri, SE, melaksanakan prosesi sumpah jabatan dan pelantikan kepada 274 pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemerintah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kepala Sekolah (Kasek) yang dilantik oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri beberapa waktu lalu banyak yang tidak memiliki Nomor Unik Kepala...

Peristiwa

Bima, Bimakini. – Aksi mengamuk eks Tim Gender Indah Dhamayanti Putri (IDP) – Dahlan, saat mutasi, rotasi, Senin (10/4/2017) lalu karena kecewa masih banyak...