Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

KEPMA Bima- Yogyakarta, Peduli Korban Banjir Bandang

Paket Bantuan KEPMA Bima-Yogyakarta yang siap disistribusikan ke korban banjir bandang.

Kota Bima, Bimakini.-  Bantuan dan sumbangan silih berganti datang untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir di Kota Bima. Salah satu perhatian itu datang dari Kota Istimewa Yogyakarta, yakni Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (KEPMA) Bima-Yogyakarta.

Hingga hari ke-14 pascabanjir bandang, KEPMA Bima Yogyakarta masih mendistribusikan bantuan langsung ke masyarakat korban terdampak banjir. Seperti yang mereka lakukan di Kelurahan Dara, Jumat (6/1/2017).

Koordinator Umum Tim Tanggap Darurat Bencana Banjir KEPMA Bima – Yogyakarta, M. Fatoni, mengatakan posko sendiri dipusatkan di Desa Talabiu.  Dirumah alumni Yogayakarta, Jia Julaikhaningsih dan bendahara posko juga merupakan demisioner pengurus KEPMA Bima Yogyakarta, Agustinasari.

Sejak hari pertama pascabanjir kedua 24 Desember 2016 mulai mendistribusikan bantuan. Kelurahan yang disentuh, kata dia, diantaranya Kumbe, Kodo, Lela dan Dodu, Sadia, Manggemaci, Monggonao, Bedi, Lewirato, Lewi Jambu, Penato’i, Santi, Karara, Rabangodu Barat, Rabangodu Timur, Rabangodu Selatan, Rabangodu utara, serta Penaraga.

Warga yang menerima bantuan dari KEPMA Bima-Yogyakarta.

Selain itu, lingkungan dan Kelurahan Kendo, Penana’e, Ntobo, Dara, Paruga, Tanjung, Sarae, Pane, Kampo Na’e, Melayu, Tolobali, Jatiwangi, Ranggo, Salama, serta Mekar baru.

Sementara di wilayah kabupaten Bima, kata dia, di Kecamatan Wawo dan Ambalawi.  “Tentunya dari semua kelurahan dan desa yang telah di distribusikan bantuan ini masih tidak merata karena, luasnya wilayah yang terdampak banjir dan masyarakat korban bencana banjir yang mencapai puluhan ribu,” ungkap Fatoni pada Bimakini.com saat membagikan bantuan.

Lanjutnya, dalam satu hari, tim KEPMA Bima-Yogyakarta turun di beberapa titik sekaligus. Seperti hari Jumat itu, mereka mendistribusikan bantuan di kelurahan Dara, Kampo Sumbawa di dua titik, Salama satu  titik, dan Rabadompu.

Bantuan itu, kata dia, hasil penggalangan dana dari masyarakat Bima yang ada di Yogyakarta melalui KEPMA Bima Yogyakarta senilai Rp. 277.832.000 per tanggal 6 Januari 2017.

“Bantuan ini sebagai bentuk keprihatinan yang mendalam dari Masyarakat Bima di Yogyakarta yang dipercayakan kepada KEPMA,” ujarnya.

Distribusi bantuan sendiri, kata dia, melibatkan alumni dari Yogyakarta. Bantuan yang diberikan berupa sembako, pakaian layak pakai.

Sektor yang disentuh meliputi pendidikan, kesehatan dan agama. Sejauh ini, bantuan yang berhasil didistrubusikan yakni sembako dan, pakaian layak pakai.

Untuk kesehatan, kata dia, bekerjasama dengan Puskesmas Bolo, sedangkan bidang pendidikan dan agama belum disalurkan karena masih memerioritaskan kebutuhan sembako. “Pendistribusian bantuan sembako ke wilayah-wilayah terdampak banjir antara lain meliputi Beras lima ton, Nasi bungkus sampai tiga hari pascabanjir, obat-obatan, makanan, kebutuhan mandi dan bersih-bersih, sarung dan selimut , pakaian dalam dan pakaian layak pakai,”ungkapnya.

Fatoni juga mengatakan bahwa dalam pendistribusian bantuan dan logistik, KEPMA Bima Yogyakarta melibatkan kelompok organisasi lain. Seperti, OSIS SMA 1 Bolo, alumni SMA 1 Bolo angkatan 2009, Sanggar Mangge Ncuhi Baralau, Mahasiswa Vokasi Unram, Ikatan Remaja Masjid As-Su’ada (IRMAS) Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Puskesmas Bolo, Persatuan Perawat Indonesia (PPI) Kabupaten Bima, dan Serikat Guru Indoneseia (SGI) Kabupaten Bima.

Kebijakan itu diambil, kata dia, berdasarkan kebutuhan tenaga lapangan Tim Posko Talabiu yang kekurangan personil. “Kami kekurangan anggota, jdi untuk memperlancar pendistribusian bantuan harus bersinergi dengan kelompok-kelompok organisasi lain yang memiliki mindset sama dalam hal tanggap darurat bencana banjir Bima” ungkapnya waktu membagi bantuan di kelurahan Dara.

Harapannya, semoga bantuan dari KEPMA Bima Yogyakarta ini bisa membantu meringankan beban korban banjir bandang. Bantuan-bantuan akan terus dibagikan sampai 10 Januari 2017. (CBK01/*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menggelar Tabligh Akbar Akhir Tahun 2018 Masehi, Senin (24/12). Tabligh Akbar ini juga menjadi refleksi 2 tahun...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Hingga sekarang, tiga dari 10 korban banjir di RT 01 RW 01 Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba masih tidur dalam rumah berdinding...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima menyelenggarakan kegiatan Tabligh Akbar serta Dzikir dan Doa Bersama, dirangkaikan dengan Peringatan 1 Tahun Musibah Banjir Bandang, Sabtu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pascabanjir, penertiban atau pengendaliaan pemanfaatan ruang Kota Bima menjadi isu hangat dan mendesak dilakukan. Pemanfaatan ruang yang tidak sesuai daya dukung...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA WS) Sumbawa menggelar sidang pleno dengan agenda evaluasi penanganan bencana banjir Kota Bima...