Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Belasan Warga Ntori Terindikasi DBD, 9 Positif

ilustrasi

Bima, Bimakini.-  Empat pekan terakhir, kasus Deman Berdarah (DBD) di Desa Ntori Kecamatan Wawo, meningkat. Dari 16 pasien yang terindikasi (suspect),  sembilan di antaranya positif DBD. Kebanyakan yang terkena gigitan nyamu itu adalah siswa.

Sekretaris Pemerintah Desa Ntori, Ismail, mengatakan kasus DBD di Ntori biasanya tidak ada,  tetapi awal tahun 2017 ini meningkat drastis. Terbukti di desa lain tidak ada kasus DBD.

Dia menduga kemungkinan kondisi ini terjadi karena cuaca ekstrim atau  warga banyak yang menampung air hujan dengan drum bekas.  Mereka menggunakan air itu untuk kebutuhan sehari hari.  Apalagi, beberapa bulan terakhir air bersih kurang lancar.

 

Tidak hanya itu, terangnya, warga kurang menjaga kebersihan tempat penampungan air dan tidak menutupnya,  sehingga jentik nyamuk berkembang biak hingga membiaskan DBD pada pasien. Untung saja,  kata dia, warga bertindak cepat dan membawa pasien ke PKM.
“Alhamdulillah tenaga medis selalu siap menangani pasien dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat,” ujarnya di PKM Wawo, Selasa (07/02).

Di antara para korban DBD adalah dua siswa SMAN 1 Wawo, Apriani (15) dan Nur Meliani (17). Mereka terbaring di PKM  Wawo, Minggu (29/01) lalu. Mereka pun saat itu diberitahu oleh perawat  soal  indikasi DBD itu.

Apa yang dirasakan pasien? Nur Meliana, mengaku sejak Jumat pagi merasakan sakit kepala luar biasa, sedangkan seluruh badan dan tulang dan persendiannya terasa sakit.

“Alhamdulillah mulai membaik, meski harus diinfus dan badan masih panas tinggi,” ujarnya di PKM Wawo, pekan lalu.

Hal yang sama dirasakan Apriani. Dia merasakan badannya terasa sakit, bahkan tulang dan persendiannya terasa sakit. Sebelumnya badan mendadak demam tinggi, mata terasa sakit, demikian juga dengan kepala sakit luar biasa.

“Kata dokter dan perawat terkena demam berah. Alhamdulillah sakit tulang dan persendian mulai berkuran, termasuk sakit panas,” katanya. (BK23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat 26 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak awal tahun 2024....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Untuk mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Personel Polsek Woha Polres Bima menggandeng Puskesmas Woha melaksanakan fogging di Desa Tenga Kecamatan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Setelah sebelumnya ada peningkatan kasus positif DBD di Kabupaten Bima, kini mulai terjadi penurunan. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Suryadin...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hingga Sabtu (28/1) Jam 14.00 WITA, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) Kabupaten Bima mencatat adanya tren positif...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, peningkatan kasus DBD per tanggal 25 Januari 2023 sebanyak 146 kasus yang dicurigai (suspect), dengan 90...