Peristiwa

Dam Dorohuni di Laju Ambruk

Beginilah kondisi Dam Dorohuni di Desa Laju yang ambruk.

Bima, Bimakini.- Dam Dorohuni Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima saat ini sudah ambruk. Kondisi fisik Dam yang berantakan itu direaksi oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Edy Muhlis, SSos. Dia mendesak agar pihak pelaksana cepat membenahinya.
“Belum apa-apa dan tidak ada angin, tiada hujan, kok bisa Dam Dorohuni di Desa Laju tersebut ambruk seperti itu,” bebernya kepada wartawan di kantor DPRD Kabupaten Bima, Kamis (02/02/2017) sembari menunjukkan foto kondisi Dam.
Dijelaskannya, anggaran untuk pelaksanaan pembangunan Dam tersebut berdasarkan hasil pembahasan tingkat legislatif yaitu Rp1 miliar, namun dialokasikan hanya sekitar Rp700 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bima tahun 2016.
Saat ini, kata dua, kondisi Dam sudah ambruk bukan disebabkan banjir atau sebab lainnya. “Tapi Dam itu ambruk sendiri,” terangnya.
Dikatakannya, karena saat ini masih dalam tahap pemeliharaan, dia meminta kontraktor segera membenahinya. “ihak pelaksana harus bertanggungjawab, karena saat ini masih dalam tahap pemeliharaan,” desaknya.
Dia pun berharapan kondisi fisik Dam tersebut bisa dimanfaatkan oleh petani untuk mengairi lahan pertanian mereka. Jika pelaksana tidak melaksanakan perbaikan kembali aat masa pemeliharaan ini, maka persoalan tersebut akan dibawa ke ranah hukum. “Karena anggarannya bersumber dari uang rakyat,” katanya. (BK29)

Share
  • 210
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top