Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Ditjen Dukcapil Kemendagri akan Bantu Pendataan Ulang Kependudukan

Rombongan didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bima Mariamah, SH, MH.

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, menerima kunjungan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri RI di ruang kerjanya, Rabu (1/2/2017).

Kedatangan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI bertujuan untuk membantu pelayanan dokumen dan data kependudukan yang hilang akibat banjir bandang yang terjadi akhir Desember tahun lalu.

Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, Benny Kamil, S. Ikom., M.Si, mengatakan timnya akan berada di Kota Bima selama dua hari untuk mengevaluasi sekaligus perekaman ulang data kependudukan warga yang hilang terbawa banjir seperti KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan dokumen kependudukan lainnya. Perekaman dilakukan menggunakan sidik jari untuk meminimalisir kesalahan sekaligus penggunaan data kependudukan ganda.

“Berdasarkan laporan Dinas Dukcapil Kota Bima, akibat banjir bandang banyak warga yang kehilangan data kependudukan. Kami akan berupaya melakukan upaya  jemput bola dengan mendatangi warga untuk melakukan perekaman data kependudukan”, kata Benny Kamil, S. Ikom., M.Si, seperti dikutip PLT Kabag Humas dan Protokol Setda, Syahrial Nuryadin, SIP, MM, Rabu.

Dia juga meminta Dinas Dukcapil Kota Bima menyiapkan pegawai khusus yang menangani pekerjaan ini. Tujuannya agar ada keberlanjutan dan koordinasi yang kontinyu antara Dukcapil Kota Bima dan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman H Abidin, SE mengatakan masyarakat Kota Bima merasa terbantu atas pelayanan dokumen data kependudukan tersebut. “Saat banjir melanda, sebagian besar warga tidak sempat berpikir untuk menyelamatkan data kependudukan mereka. Terimakasih atas pendampingan dalam melayani data kependudukan warga Kota Bima. Semoga bermanfaat untuk Kota Bima”, harapnya. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) – Elektronik (EL) gencar dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bima dengan cara Jemput Bola (Jebol) yakni turun...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Alat Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima, sudah dua pekan mengalami kerusakan. Akibatnya, pelayanan pencetakan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Proses perekaman  Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik   dilakukan oleh Operator Kecamatan Bolo dan Rabu lalu sudah mencapai 250 orang. Perekaman dilakukan mulai...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kecamatan Woha Kabupaten Bima Selasa (13/9/2016) kembali membuka pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Namun ditegaskan, hanya perekaman, bukan mencetak...