Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Keluarga Bantah Telantarkan Jihan

Pihak keluarga membantah menelantarkan Jihan.

Bima, Bimakini.- Pihak keluarga Jihan, membantah jika sang bocah ditelantarkan. Kondisi bocah yang tinggal bersama kakeknya di RT 01 RW 01 Desa Maria Kecamatan Wawo itu, sedang ditangani keluarga dan bukan ditelantarkan. Sebelumnya, warga yang menemukan jihan di kamar sendiri menduga ditelantarkan.

Anak tersebut, kata kakek Jihan, Hasan AB, memang lemah akal, entah kenapa selalu trauma saat ingin buang hajat di WC. Kini sedang dalam perawatan keluarga agar bisa buang air besar (BAB). Apalagi, sudah beberapa hari tidak bisa buang berak secara normal.

“Kamis siang saya sudah memberikan obat pelancar BAB dan sudah diminum.Karena kita jaga kebun kita titip anak ini kepada mantu saya untuk memerhatikan,” ujarnya di Maria, Jumat (24/2/2017).

Hasan, mengaku, bersyukur kini sudah sehat kembali setelah BAB lancar. Meski dibuang di kamar sendiri. Soal cucuknya itu, terangnya, sudah dijamin anaknya (Ayah Jihan) yang kerja di PT Newmont. Untuk makan, obat dan peralatan pengobatan, dan biaya perawatan di Puskesmas dan rumah sakit sudah disiapkan. Bahkan, seperti alat memudahkan keluar BAB, kemudian obat pelancar BAB, Popok, dan lainnya sudah disiapkan dalam jumlah banyak. Namun, karena kondisi kejiwaannya kurang normal, sehingga sulit diatur untuk tetap di rumah.

“Kita sudah merawat dan menyiapkan makan, tetapi hanya sesaat dan suka jalan-jalan menurut kehendak yang inginkan,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sudah beberapa kali dibawah ke rumah sakit dan Puskesmas, saat dirawat harus beberapa perawat dan keluarga yang memegang tangannya agar tidak bergerak agar bisa dirawat dengan baik, tetapi memang hanya mau diam sesaat.

Pihak keluarga juga sudah menyiapkan berbagai peralatan medis untuk memermudah agar buang hajatnya lancer. Namun, anak ini entah kenapa selalu menahan kotorannya hingga perutnya membengkak karena lama tidak buang air besar.

“Jadi kita keberatan jika diberitan cucu saya ini ditelantarkan. Tolong diluruskan karena itu fitnah dan tidak benar,” ujarnya.

Baca Juga: Bocah di Desa Maria Ini Ditemukan Sakit dan Telantar

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Hal senada dikemukakan Amirudin Hasan. Kisah perjalanan anak ini panjang dan memrihatinkan. Sejak kakanya atau orang tua Jihan bercerai dari nikah siri dengan Ibu Jihan, anak ini dibesarkan Apriliah ibunya dengan biaya yang tidak sedikit. Hanya berlangsung beberapa bulan saja dan anak itu diserahkan kepada keluarganya di Lombok. Dalam usia sekitar tiga tahun diambil kembali oleh keluarga suami dalam kondisi gizi buruk tidak bisa berjalan sebagaimana anak normal lainnya dan hanya merangkak saja, tetapi setelah dirawat kembali oleh Jalil bersama istri pertamanya kondisi anak itu kembali sehat dan mulai bisa jalan. Apalagi, Tuti istri Jalil perawat di Puskesmas. Setelah kondisinya membaik Anak itu diambil kembali oleh Aprilia ibunya tanpa diketahui oleh Jalil.

Ternyata anak itu, katanya, diserahkan kepada keluarga ibunya di Sumbawa hingga dicari kemana-mana. Setelah ditelusuri keluarga diketahui sudah diserahkan ke panti. Persoalan penanganan Jihan sudah pernah ditangani KPI Mataram, tetapi diserahkan kembali Jalil hingga dirawat saat ini. (BE.23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-   Bocah berusia 2 tahun diidentifikasi bernama Muhammad Ihsan Al Gifari, ditemukan tewas di dalam bak air kamar mandi, Senin (26/9). Bocah...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Bejat dan ironis! Dalam sebulan, lima bocah menjadi korban sodomi. Peristiwa memalukan itu terjadi di Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima.  Perlakuan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimeks.- Ada yang berbeda dari kebiasaan bocah M. Nabil,  warga lingkungan Dara RT 06/RW 03 Kelurahan Dara Kota Bima. Putra ketiga pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.-  Hiruk-pikuk kampanye Pemilukada Kota Bima tidak hanya melibatkan pemilih yang telah memenuhi hak pilihnya. Tetapi, tidak jarang anak, bahkan bocah yang...

Dari Redaksi

Ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Kota Bima, Senin (15/4) llau mogok belajar. Rehabilitasi ruangan  kelas yang diagen Panitia pengadaan barang yang menerima...