Berita

Lestarikan Budaya, Pacuan Kuda Tetap di Hati Masyarakat Bima

Suasana latihan pacuan kuda di Arena Pacuan Kuda Desa Panda, Minggu.

Bima, Bimakini.- Jika ingin menyaksikan pacuan kuda, tidak mesti harus menunggu event resmi. Setiap pakan, pecinta kuda selalu melatih piaraannya di Arena Pacuan Kuda Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Seperti Minggu (19/2/2017)  warga ramai membawa kudanya untuk latihan, meskipun tidak ada event.

Iswanto salah satu pemilik kuda pacuan mengatakan, waktu latihan kuda dua kali dalam satu pekan di arena pacuan kuda Desa Panda ini. Yakni hari Kamis dan Minggu. “Kalau nhari kamis tidak sebanyak hari Minggu,” ungkapnya pada Bimakini.com.

Dijelaskannya, tujuan digelarnya latihan kuda setiap pekan, agar saat event nanti tidak kaku. “Kami tetap melatih kuda pacuan setiap minggu, meski event pacuan belum tau kapan akan dilaksanakan,” katanya pemilik kuda “Permata” di kelas Tunas C ini.

Hal yang sama diungkapkan Ruslan. Pacuan kuda salah satu budaya yang masih tersisa di Bima. Karena pacuan kuda dilaksanakan secara turun temurun. “Pacuan ini akan tetap dilestarikan meski harus berpacu dengan perkembangan jaman moderen saat ini,” katanya.

Masyarakat Bima, kata dia, sudah menyatu dengan kuda. Ini tidak akan pernah hilang, meskipun harus berpacu dengan budaya baru yang ada di era sekarang ini.

Hobi berkuda seperti di Bima ini, kata dia, tidak mengenal usia, golongan dan jabatan. Dari kalangan manapun berkumpul di arena pacuan kuda saat berlatih maupun saat event. “Kami bisa bertemu dan mengenal pejabat dan orang kalangan hebat, karena pacuan kuda, pasalnya komunikasi sesama pecinta pacuan tidak ada bedanya, ini yang dinamakan komunukasi horisontal,” jelas dia.

Lanjutnya, banyaknya kuda lokal, maupun dari daerah lain, menunjukkan meningkatnya animo masyarakat. Selain sebagai hobi, pacuan kuda bisa meningkatkan harga kuda bagi pemilik dan peternak lokal.

“Peternak dan pemilik kuda tidak rugi, kalau ada kuda diternaknya yang berbakat, maka harganya sangat tinggi, namun kalau biasa saya, paling dijual untuk grobak dan pedagang dengan harga yang tidak murah juga,” pungkasnya. (BK34)

Share
  • 76
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top