Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Mengeluh, Kepala PKM Bolo pun Curhat

Bisrun, SKM

Bima, Bimakini.-  Ini keluhan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Bolo, Bisrun, SKM atas pelayanan oleh pegawai. Pelayanan Promotif dan Prefentif dibagian rawat inap cenderung tidak diindahkan.

Padahal, kata Bisrun, beberapa pegawai itu sudah berstatus ASN, namun masih beranggapan PKM identik dengan Rumah Sakit Umum (PKU).

Curhatannya ini, karena menganggap tidak bisa lagi menolerir tindakan para ASN yang tidak memagang prinsip pelayanan di PKM. “Persoalan ini terpaksa dibeberkan, karena saya sudah tidak sanggup untuk menutupinya,” beber Bisrun beberapa waktu lalu.

Padahal, kata Bisrun, mereka menikmati dana kapitasi dan dana klaim, tapi tugasnya tidak dilaksanakan dengan baik. “Dana kapitasi serta dana klaim mereka nikmati, tapi kalau tugas malah tidak dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab sesuai dengan tupoksi yang ada di ruang rawap inap,”ungkapnya.

Mestinya mereka melaksanakan tugas dan fungsi pokok sesuai profesi masing-masing di PKM, bukan malah memposisikan diri laksana ASN yang bertugas di RSU. Sikap apatis yang ditunjukkan itu merugikan masyarakat, khususnya pasien yang menjalani perawatan inap.

Seharusnya, kata dia, sebagai pegawai atau bawahan, harus mengindahkan kebijakan atasan, sepanjang sesuai aturan yang ada.

Sejumlah pegawai yang diminta tanggapannya atas keluhan Kepala PKM Bolo tersebut, membantahnya. “Kami laksanakan tugas diruang rawat inap dengan baik dan penuh tanggung jawab,” kata seorang pegawai yang tidak mau disebutkan namanya.

Hal itu terlihat dengan tidak adanya pasien atau masyarakat yang menyampaikan keluhan. Apa yang diutarakan, dianggap fitnah dan tetap melaksanakan tugas sesuai kebijakan atasan. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE meresmikan Puskesmas Kecamatan Bolo, Rabu (23/2). Agenda tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Bima, sejumlah OPD,...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri,SE Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Tambe Kecamatan Bolo, Rabu (5/2). Selain menjaring aspirasi, bupati juga mengajak...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Untuk memaksimalkan persiapan Re Akreditasi yang dilaksanakan sekitar bulan Agustus akan datang. Semua pegawai Puskesmas Bolo diharuskan kerja maksimal yakni tidak menyisakan...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- UPT Puskesmas Bolo melalui tenaga Promkes  kembali menggelar kegiatan pelatihan kader Posyandu tingkat Kecamatan Bolo di aula Puskesmas setempat, Sabtu (12/1). Kegiatan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rehab total Mushala Ar Rahman Puseksmas Bolo menggunakan anggaran swadaya. Staf Pusekesmas berstatus ASN dan PTT patungan. Dana yang terkumpul sebesar Rp...