Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

ODOJ NTB Bantu Quran dan Juz Amma untuk Korban Banjir Bima

Dok PoskoODOJ Bima: Suasana pembagian bantuan di wilayah Kelurahan Dara.

Kota Bima, Bimakini.- Bantuan untuk korban banjir bandang Kota Bima saat ini kian berkurang, seiring guliran waktu dan berakhir masa tanggap darurat.  Namun, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Provinsi Nusa Tenggara Barat masih mengintip kebutuhan para korban.

Mereka terus membangun simpati dan empati. Menyentuh sisi keagamaan masyarakat Mbojo. Meski demikian, bantuan lainnya berupa kebutuhan pokok tetap ada.

Sebelumnya, sudah tigakali ODOJ NTB menyalurkannya, kini bantuan diberikan dalam bentuk paket Sembako dan Al-Quran. Distribusi bantuan itu  dipercayakan kepada Abdul Rauf, ST, MM, pengelola Homestay Tambora Kelurahan Penaraga Kota Bima.

Rauf menjelaskan bantuan itu berupa Quran besar dan kecil sebanyak 110 unit. Ada juga Juz Amma 50 unit. Selain itu, permainan anak-anak, mi instan, minyak goreng, susu, dan snack. “Ada juga  pakaian syar’i seperti kerudung dan sarung,” katanya melalui WhatsAPP, Selasa.

Bentuk bantuan lainnya adalah  peralatan tulis yang diserahkan pada dua titik di Kelurahan Dara, Tanjung, Melayu, Pane, dan Penatoi 150 paket.

Selasa (07/02/2017) malam bantuan itu diserahkan di Taman Pendidikan Al-Quran Mushala Al-Muhajirin RT 03 RW 01 Kelurahan Monggonao Kota Bima. Bantuan satu dus berisi 20 unit Quran itu diterima oleh pengurus mushala, H Yusuf, SH.

Dok PoskoODOJ Bima: Penyerahan bantuan Quran dan Juz Amma di TPA Al-Muhajirin RT 03 Kelurahan Monggonao usai shalat Magrib atau sebelum anak-anak belajar mengaji.

Yusuf mengaku anak-anak yang dibina berjumlah 40 orang laki dan perempuan. Mulai dari usia SD hingga SMP. Mereka tidak hanya berasal dari RT/RW setempat,  tetapi juga Lingkungan Salama Kelurahan Nae dan Lingkungan Nusantara Kelurahan Monggonao. “Pembinaan anak-anak di mushala ini sudah berlangsung hingga 10 tahun,” ujar Yusuf usai prosesi penyerahan.

Dijelaskannya, pembinaan terhadap anak-anak itu rutin dilakukan usai Magrib hingga Isya. Pembinaan semoga terhenti  setelah permukiman penduduk di belakang SMPN 6 Kota Bima itu dilanda banjir hingga mencapai 1,5  meter. Merendam koleksi Quran dan Iqra. Yusuf mengapresiasi bantuan itu karena  membantu anak-anak  yang sedang dibina kemampuannya memahami Quran.

Di Mataram, bantuan itu digalang  oleh Saidah Nurul Hidayah, Ketua ODOJ NTB. Bantuan itu merupakan ekspresi keprihatinan melihat kondisi masyarakat korban banjir pada berbagai wilayah.

Mungkin Anda penasaran apakah itu ODOJ? Berdasarkan laman dream.co.id, program  Komunitas One Day One Juz dibentuk sejak 2009 dan baru menggelar grand launching pada Minggu 4 Mei 2014 di Masjid Istiqlal.  Sejak 2009 lalu program ini diperkenalkan dengan metode pesan singkat atau SMS. Satu orang sebagai petugas atau admin mengirimkan 30 SMS reminder kepada 30 anggota komunitas. Masing-masing anggota mendapatkan bagian satu juz yang berbeda.

 

DOk PoskoODOJ Bima. Anak-anak TPA Al-Muhajirin saat belajar mengaji, Selasa malam.

Masing-masing bagian tadi akan melapor ke petugas admin ketika sudah tuntas satu juz. Komunitas ini terus mendapatkan dukungan positif dari masyarakat. Melalui jejaring Sosial Media Facebook, komunitas ini sudah menarik ribuan jempol alias like.

Beberapa lembaga pun mulai mengenalkan ODOJ melalui  mekanisme selangkah lebih maju lewat ponsel canggih atau BlackBerry Messenger. Melihat antusias masyarakat yang makin pesat, pada 2013 dibuat metode melalui aplikasi WhatsApp.

Sekelompok alumni perguruan tinggi di Surabaya menjadi penggagas komunitas ini pada bulan September. Akhirnya menyebar ke beberapa kota dan disebarluaskan juga oleh aktivis Rumah Qur’an Depok.

Kemudian membentuk kepengurusan kecil ODOJ pada awal November. Komunitas ini pun mengembangkan sistem WhatsApp ODOJ berbasis Motivasi Istiqomah. Sejumlah artis sinetron didaulat menjadi duta. Sebut saja Teuku Wisnu, Oki Setiana Dewi, dan Baim Wong. Lalu bagaimana syarat menjadi peserta ODOJ? Cukup klik di sini  atau klik di sini(BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Husen (Kader Partai Keadilan Sejahtera Kota Bima)   Hari ulang tahun umumnya dimaknai sebagai peristiwa notoir, diakui keberadaanya oleh publik. Artinya...

Opini

Oleh : Munir Husen (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima) Pemerintah Daerah dan DPRD adalah unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah. Keberadaan anggota DPRD pada tataran...

CATATAN KHAS KMA

ANDA pernah menginap di hotel? Saya yakin hampir semua. Tetapi kebanyakan itu hotel yang biasa. Umum. Seperti di kota atau di pinggir pantai. Ada...

CATATAN KHAS KMA

APAKAH saya harus senang? Ataukah sebaliknya? Entahlah! Tetapi begini: Waktu saya pertama membangun media di Bima, itu pada 21 tahun lalu, ada yang menyebut...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH bersama Kasat Lantas Polres Bima Kota, Kepala Dinas Perhubungan, dan Kepala Dinas Kominfotik...