Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Sambil Trabas, Wabup Tinjau Saluran Irigasi Dam Sampalu

Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan H.M.Noer MPd saat meninjau saluran irigasi Dam Sampalu.

Bima, Bimakini.- Salah satu hobi orang nomor dua di Kabupaten Bima ini adalah trabas. Sambil menyalurkan hobinya, Wakil Bupati (Wabub) Bima, Drs. H. Dahlan H.M.Noer, MPd meninjau Dam Sampalu di Desa Monggo Kecamatan Madapangga, Sabtu (11/2/2017).

Kunjungan itu, setelah menerima laporan dari petani setempat, bahwa kondisi saluran irigasi di Dam Sampalu sudah rusak. Wabub didampingi oleh Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Ir. Rendara Farid, Camat Madapangga, Kades Monggo.

Kepala Desa (Kades) Monggo Mayor H. Abdul Majid mengatakan, kunjungan ini sudah diagendakan saat penyemprotan massal beberapa waktu lalu.  Namun, saat itu tidak memungkinkan meninjau ke lokasi, sehingga dijadwalkan ulang.

Sambungnya, Dam Sampalu mengalami patahan. Akibatnya, sekitar 600 hektar sawah akan mengalami kekurangan debit air dialiri ke sawah.

“Sebenarnya sudah sering dilaporkan oleh petani kondisi ini, akan tetapi petani yang ada hanya mendapatkan janji yang tidak kunjung terealisasikan,”terangnya.

 

Sementara itu, Wabup Bima, Drs. H. Dahlan H.M.Noer MPd mengatakan,kondisi saluran irigasi Dam Sampalu memang harus dilakukan perbaikan, mengingat kebutuhan petani. Selain perbaikan saluran irigasi, pinggir sungai yang ada di sekitar Dam Sampalu harus dibuatkan tanggul.

“Hal itu dilakukan agar persawahan yang berada dibantaran sungai tersebut tidak melebar,hingga merusak tanah petani,”katanya.

Sambungnya, rencana perbaikan saluran irigasi Dam Sampalu dan pembuatan tanggul tersebut, akan diupayakan tahun 2017 ini, dengan menggunakan anggaran perubahan. “Kita doakan saja agar apa yang dicita-citakan ini bisa terlaksana sesuai harapan,karena apa yang direncanakan harus melalui do’a dan usaha,”pungkasnya. (BK.36).

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pekerjaan proyek rehabilitasi irigasi Bontokape di Desa Timu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB disorot. Pasalnya, proyek dengan anggaran senilai Rp 3,4 Miliar dari...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Proyek saluran irigasi Tolo Kananga watasan Desa Woro Kecamatan Madapangga diduga amburadul. Pasalnya, kegiatan untuk kesejahteraan petani itu disalah gunakan oleh pihak...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Kabupaten Bima melakukan normalisasi jaringan irigasi sepanjang 9 km. Pekerjaan itu dikerjakan di Desa Pela, Simpasai, dan Desa Sie Kecamatan Monta,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Komisi Irigasi pada saluran kiri Daerah Irigasi (DI) Desa Bontokape, Kecamatan Bolo, gotong royong bersama petani, Kamis (27/2). Komisi Irigasi , Zaharuddin,...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Petani Desa Rada, Kecamatan  Bolo meminta bantuan alat berat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Yakni untuk pengerukan tumpukan sampah di Dam Ruma...