Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Sosok yang Menobatkan Jena Teke Ini Dimakamkan Secara Militer

H Syamsudin Ibrahim, sosok yang melantik Jena Teka dan Sultan Bima ini dimakamkan secara militer, Minggu.

Kota Bima, Bimakini.- H. Syamsudin Ibrahim, Minggu (26/2/2017) tutup usia sekitar pukul 08.00 WITA di PKM Muhammadiyah Bima. Sosok ini adalah yang menobatkan Jena Teke atau Sultan Muda dalan tradisi Kesultanan Bima.

Sebelum dikebumikan di Pemakaman Umum Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat, almarhum dishalatkan di Masjid Baburrahman Dara dan dilepas secara militer di depan masjid setempat.

Keluarga Almarhum, Serma Jufrin, mengatakan, almarhum meninggalkan seorang istri dan tujuh anak.

Mantan Kepala Desa Sondosia Kecamatan Bolo dua periode tahun 1982-1993 ini masih berdomisili di Desa Sondosia, tetapi ingin di kuburkan bersama keluarga besarnya di Kelurahan Dara.Jena

Dalam kalangan militer, katanya, beliau merupakan purnawirawan  TNI tahun 1987 AD berpangkat Koptu. Pernah bertugas di Sulawesi dalam operasi penumpasan Kahar  Mujakar, kemudian melaksanakan operasi timor-timur,pernah bertugas di NTT dan terakhir di Kodim Bima.

Almarhum  di lahirkan di Kelurahan Dara, 01 Juli 1940 dan merupakan anak keturunan Ncuhi Dara, meninggalkan seorang istri Hj Jaenab. Pernah memimpin Upacara TUHA ro LANTI oleh Para Ncuhi, yaitu Ncuhi Dara, Bangga Pupa, Dorowuni, Parewa dan Bolo dalam pelantikan Sultan Bima Almarhum Ferry Zulkarnaen tahun 2013 dan penobatan Feriyandi menjadi Jena Teke tahun 2016. “Namun, sayang tidak terlihat pihak Istana Bima yang hadir menjenguk beliau hingga pekuburan,” ujarnya di Dara.

Upacara militer dipimpin Koramil Rasabae Barat,  Kapten Inf Nasarudin, sedangkan  Komandan Upacara Letda Inf Icksan sedangkan Perwira Upacara Pelda Arsad. (BK23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Dari Redaksi

Upacara penobatan Muhammad Putera Ferryandi, sebagai Jena Teke atau Sultan Muda ke-XVII Kesultanan Bima dihelat di Asi Mbojo, Minggu (18/09) siang. Suasana meriah dan...