Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tes Sekdes dan Perangkat Desa Diundur Awal Maret, Karena Hal Ini…

Sirajudin

Bima, Bimakini.- Tes seleksi Sekretaris dan Perangkat Desa akan dilaksanakan awal Maret mendatang. Pelaksanaan ini molor, karena peristiwa banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Bima Drs. Andi Sirajudin menjelaskan ada 57 desa belum menyelenggarakan seleksi Sekretaris Desa (Sekdes). Untuk penjaringan perangkat, masih ada 122 desa.

“Tes Sekdes dan Perangkat Desa sebenarnya Desember 2016, namun karena banjir Kota Bima merendam semua arsip di kantor, maka.kami akan menghelar kembali awal bulan Maret 2017 nanti,” ungkapnya di Woha belum lama ini.

Lanjut mantan Kadis Catatan Sipil ini, administrasi untuk penyelenggaraan seleksi itu dibuat kembali. “SK panitia pembuat soal tes penjarigan Sekdes dan Perangkat Desa menunggu tandatangan Bupati Bima,” terangnya.

Ketua tim penjaringan sendiri, kata dia, langsung diambil alih oleh Asisten I Setda. Peserta seleksi, diperkirakan lebih dari 1.000 orang.

“Tes penjaringan ini ditangani sembilan panitia. Saya tidak ingin muncul kecurigaan dari masyarakat terhadap kinerja yang tidak sesuai harapan bersama,” terangnya.

Ini, kata dia, salah satu cara menghindari indikasi permainan dalam tes penjaringan Sekdes maupun perangkat Desa. Tim pembuat soal dijaring dari berbagai SKPD, tidak seperti sebelumbya hanya BPMDes.

“Dengan begini kemungkinan tipis bisa bermain, karena masing – masing SKPD yang ditunjuk pegang soal. Untuk mengawas soal, saya akan undang keamanan,” jelasnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pengadaan buku panduan BPD oleh DPMDes Kabupaten Bima mendapat sorotan. Buku panduan sudah didistribusikan ke sejumlah desa. Ketua Forum BPD Kabupaten Bima,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Tahun 2020 mendatang gaji perangkat desa di Kabupaten Bima naik. Hal itu berdasarkan Perbup Nomor 26 Tahun 2019 tentang besaran penghasilan tetap,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu melalui Dinas PMPD akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada bulan November 2017. Selasa (10/10/2017) digelar tes...

Politik

  Bima, Bimakini.- Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima menyesalkan pelaksanaan tes susulan perangkat desa pada enam desa, Senin (11/09/2017). Mengapa? Masalahnya,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Tes seleksi perangkat desa khususnya formasi Sekretaris Desa (Sekdes) tahap kedua di Desa Dena Kecamatan Madapangga sudah ada titik terangnya.  Berdasarkan hasil rapat...