Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Bima TV dan FKPT Gelar Live Diskusi Rutin Mulai Jumat Ini

Dr. Ibnu Khaldun, Ketua FKPT Bima Dompu.

Kota Bima, Bimakini.- Menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi (FKPT) Swasta Bima-Dompu beberapa waktu lalu di kampus STKIP Yapis Dompu, Bima TV dengan FKPT segera menggelar agenda diskusi rutin yang akan disiarkan langsung Bima TV dan radio Bima FM.

Informasi yang diperoleh Bimakini.com, acara yang diberi nama “BIMA MENYAPA MALAM” itu, mulai digelar Jumat malam, 10 Maret 2017 pukul 20.00 Wita hingga 22.00 Wita yang disiarkan langsung dari Kampus Akademi Kebidanan (Akbid) Surya Mandiri. ‘’Rencananya acara ini akan dilaksanakan setiap Jumat malam langsung dan akan ditayang ulang pada Senin malam, pukul 20.00-22.00 Wita,’’ ujar produser Bima TV, Khairun Muhammad.

Khairun menambahkan, perangkat siaran langsung sudah diujicoba Senin sore kemarin dan hasilnya sangat bagus. ‘’Gambar maupun suara sangat bagus. Ini merupakan langkah awal kerjasama dengan dunia pendidikan tinggi di Bima,’’ jelasnya.

Menurut Khairun, secara teknis, acara tersebut selain akan menghadirkan nara sumber yang berkompeten dengan tema yang diangkat, juga akan melibatkan audiens baik di studio maupun pemirsa dan pendengar yang ada di rumah. ‘’Acaranya live dan interaktif. Jadi masyarakat yang hadir di studio dan yang ada di rumah bisa berpartisipasi langsung maupun melalui line telepon yang nanti akan diumumkan pada saat acara. Jangan lewatkan ya,’’ ujarnya.

Jubair, Ketua Yayasan Suya Mandiri.

Khairuin menuturkan, Bima TV dan media di bawah payung Bimeks Group setelah ditingggalkan oleh CEO, Khairudin M. Ali tetap berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di daerah ini. ‘’Ini menjadi ujian awal bagi kami setelah diberikan kepercayaan oleh Pak Khairudin. Kami harus berbuat yang terbaik untuk kemajuan daerah ini,’’ tambahnya.

Adapun format acara, kata Khairun, mirip-mirip dengan Indonesia Lawyers Club yang ditayangkan TVOne. Berbagai tema dan narasumber, akan ditentukan setiap pekan, sesuai dengan perkembangan yang terjadi selama sepekan di daerah ini. Masalah yang diangkat bukan hanya kasus atau persoalan yang menonjol di Bima, tetapi juga Dompu. Karena di Dompu ada Tambora TV, maka siaran tunda bisa ditayangkan di Dompu. ‘’Kami berharap nara sumber yang dihadirkan bisa memberikan kontribusi pemikiran untuk menjadi solusi atas banyak persoalan yang muncul di daerah ini. Mari kita diskusi sehat, tidak perlu saling maki di media sosial yang kadang berujung pidana karena ada ancaman UU ITE,’’ tambahnya.

Ketua Yayasan Surya Mandiri, H Jubair, menyambut baik atas prakarsa tersebut dan mendukung sepenuhnya. Untuk langkah awal, menyerahkan sepenuhnya kepada Bima TV untuk menggunakan kamps miliknya itu sebagai tempat acara. ‘’Saya menyambut positif atas ruang diskusi yang ditawarkan Bima TV atas kerjasama dengan FKPT Bima-Dompu. Ini langkah maju agar dunia perguruan tinggi juga tidak seperti menara gading. Kita akan memberikan kontribusi pikiran yang positif untuk turut serta dalam proses pembangunan,’’ ujarnya.

Begini penampakan gambar yang dikirim dari Kampus Akbid ke Studio Bima TV.

Sementara itu, Ketua FKPT yang juga Ketua STKIP Taman Siswa, Dr Ibnu Khaldun berharap acara tersebut bisa berjalan sesuai rencana. ‘’Nanti segala kekurangannya akan kita evaluasi. Saya senang karena berdasarkan ujicoba yang dilakukan Bima TV, gambar dan suara bisa dikirim ke studio dengan kualitas yang bagus untuk dipancarkan ulang. Ini langkah maju supaya ada ruang komunikasi antara stakeholder dengan pengambil kebijakan. Saya harapkan semua pemangku kepentingan bisa hadir untuk memberikan solusi berbagai persoalan yang terjadi di daerah ini. Kita akan undang semua pihak yang terkait pada tiap acara,’’ katanya.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan program berkelanjutan. Tidak hanya sesaat sekali atau dua kali diskusi saja. ‘’Ini untuk jangka panjang. Terus menerus. Sayang kalau media televisi yang belum tentu dipunyai oleh daerah lain ini tidak kita manfaat secara maksimal. Kita harus budayakan diskusi yang sehat, tidak saling hujat apalagi saling maki. Kita sampaikan buah pikian kita yang terbaik untuk turut serta berkontribusi membangun daerah,’’ tambahnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Baca juga: Bahas Peningkatan Mutu, Forkom PTS Bidom Gelar Pertemuan

Ibnu juga meminta partisipasi tv kabel di Kota dan kabupaten Bima turut menyiarkan diskusi tersebut supaya semakin banyak masyarakat yang bisa mengikuti dan terlibat langsung. ‘’Semoga ada kesadaran kolektif kita untuk Bima yang lebih baik di masa datang,’’ ujarnya kepada Bimakini.com. (BK.27)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

INI  hanu yang  kedua. Soal menyatukan energi positif. Soal penyaluran ide-ide, juga soal panggung yang punya daya magis. Bicara berserakan sendiri-sendiri, jelas tidak efektif,...

CATATAN KHAS KMA

SAYA harus sering tulis soal ini. Siaran televisi digital. Ini penting, supaya migrasi dari analog ke digital, bisa berjalan sukses. Literasi televisi digital masih...

CATATAN KHAS KMA

KALI ini soal ASO. Bukan SO yang ramai di medsos itu. Kepanjangannya ada di judul. Di kalangan praktisi dan pemerhati lembaga penyiaran, tahu ini....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Siswa MTs/MAK Az Zainuddin, Kalaki, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, berkunjung ke studio Bima TV. Kunjungan tersebut untuk mengetahui bagaimana...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pimpinan sekaligus Owner PT Citranuansa Bima Televisi (Bima TV), Khairudin M. Ali, Ahad (22/4) malam bertemu Calon Wali Kota Bima, H...