Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

DKP Gelar Lomba Masak Serba-Ikan

Ketua TP PKK Kota Bima, Hj Yani Marlina saat menilai lomba masakan serba ikan, Kamis.

Kota Bima, Bimakini.- Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kota Bima, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima (DKP) menggelar lomba masak serba-ikan di halaman Kantor DKP, Kamis (16/03/2017). Lomba dibuka oleh Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Ir. Syamsuddin MS.

Kepala DKP Kota Bima Ir. Hj. Jaenab, tujuan lomba adalah mendorong para ibu untuk menghasilkan inovasi menu masakan laut dan mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif berbasis makanan/kuliner hasil laut. Kegiatan yang bertema “Melalui inovasi menu masakan berbahan baku ikan kita tingkatkan konsumsi ikan untuk mewujudkan keluarga kuat, sehat dan cerdas” diikuti oleh 40 peserta yang terdiri atas 38 TP PKK kelurahan se-Kota Bima, Bhayangkari dan Persit.

Tim penilai, kata dia, ahli gizi, ahli kesehatan, unsur PKK, dan unsur DKP Kota Bima. Kriteria yang dinilai yakni gagasan/ide menu 25 persen, keterampilan memasak 25 persen, cita rasa 50 persen dan penyajian/penampilan 10 persen.

Asisten II Setda, Dr. Ir. Syamsudin MS menyampaikan perlu menggugah kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan olahannya.  “Tingkat kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan masih sangat rendah,” katanya seperti dikutip Plt. Kabag Humas dan Protokol, Syahrial Nuryaddin, S.IP, MM.

Katanya, konsumsi ikan Indonesia sebesar 32,24 kg/kapita/tahun. Peringkat kelima ASEAN setelah Malaysia, Myanmar, Vietnam dan Filipina. Konsumsi ikan paling tinggi di dunia adalah Jepang yaitu 140 kg/kapita per tahun. Pada tahun 2019 mendatang, Pemerintah Indonesia menargetkan konsumsi ikan nasional per kapita per tahun bisa mencapai 50 kg.

“Untuk memenuhi target ini, perlu dilakukan berbagai kegiatan atau kampanye guna menggugah kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan olahannya. Salah satunya, dengan melaksanakan kegiatan lomba masak serba ikan”, jelas Syamsudin.

Saat lomba, Kelurahan Sarae keluar sebagai pemenang dengan jumlah poin 77,75. Posisi kedua ditempati oleh TP PKK Kelurahan Penatoi dengan jumlah poin 76,25 dan juara ketiga diraih oleh TP PKK Kelurahan Kolo dengan jumlah poin 75,73. Selain itu, ada gelar juara favorit yang diraih oleh TP PKK Kelurahan Kumbe dan TP PKK Oi Fo’o keluar sebagai juara kreativitas terbaik.

Penyerahan hadiah kepada pemenang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Bima. Ia berharap para peserta lomba semakin meningkatkan kreativitas dalam menciptakan menu berbahan baku ikan.

Hadir Ketua TP PKK Kota Bima Hj. yani Marlina M. Qurais, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, Ketua Iswara Kota Bima Jumriah Fery Sofyan, para pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima beserta Camat dan Lurah. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait