Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Ibnu: Kepercayaan pada Pemda dan Kepolisian Menurun

                                           Dr Ibnu Khaldun

Bima, Bimakini.- Dalam beberapa kasus,  masyarakat Bima tidak lagi memberikan kewenangan  terhadap pemilik tugas dan fungsi penegakkan hukum untuk menyelesaikannya. Contohnya, aksi “main hakim sendiri’ terhadap terduga pelaku kejahatan seperti pencurian disertai kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan lainnya kerap terjadi.

Demikian penilaian Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, MSi, Jumat (10/3) lalu, mengamati dinamika sosial Dana Mbojo akhir-akhir ini.

Mengapa bisa terjadi demikian? Menurutnya, hal ini disebabkan rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap
Pemerintah Daerah  dan aparat Kepolisian. “Kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Daerah dan aparat Kepolisian sudah menurun, karena masyarakat menginginkan harus cepat menangani setiap persoalan pengaduan dan laporan,” ujarnya di Palibelo.

Dikatakannya, masyarakat sudah tidak menghilaukan lagi keberadaa pemerintah dan Kepolisian  yang berkewajiban menangani persoalan masyarakat, karena menganggap setiap masalah sosial yang ditangani pemerintah dan aparat tidak pernah bekerja sesuai keinginan masyarakat.

“Saat ini Pemda harus mampu bekerja menyesuaikan dengan perubahan pola pikir masyarakat yang serba ingin cepat, supaya apa
yang diinginkan masyarakat terjawab,” sarannya.

Katanya, saat era alat komunikasi yang serbacanggih saat ini, masyarakat juga sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk berbagai kebutuhan. Setidaknya kemajuan ini, bisa dimanfaatkan pemerintah membuatkan sistem ITE perangkat tepat waktu, tepat guna, dan tetap sasaran untuk mengakses setiap perkembangan  di tengah masyarakat. “Pemerintah harus buatkan sistem perangkat informasi, meski sudah ada peningkatan, harus disosialisasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kata Ibnu, jumlah kekuatan Kepolisian tidak sebanding dengan banyaknya penduduk, sehingga dalam menjalankan tugas pokok Kepolisian kurang total untuk meng-input semua peristiwa di lingkungan masyarakat. “Kekurangan rasio Polisi bisa dibantu melalui  sistem yang digunakan itu,” ungkapnya.

Dalam penilaiannya, selama ini karena setiap informasi yang dilaporkan dinilai lamban ditangani  oleh pemerintah maupun aparat Kepolisian, masyarakat  bertindak yang menurutnya benar, meskipun dalam koridor  hukum itu sudah melanggar.

“Masyarakat main hakim sendiri karena Pemda lamban, setiap bekerja berdasarkan regulasi, pembagian regulasi tidak rinci karena kurang inovasi dan biirokrasi sering dijadikan pencitraan politik,” nilainya. (BK34)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima divisitasi oleh Tim Asessment Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN PT), Sabtu...

Dari Redaksi

ADA sorotan menarik yang disampaikan Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, MSi, menyikapi dinamika sosial Dana Mbojo akhir-akhir ini. Dalam beberapa kasus, ...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.-  Talkshow yang bertajuk Bima Menyapa Malam yang direncanakan disiarkan langsung dari Kampus AKBID Surya Mandiri Bima pada Jumat pekan lalu, mengalami...